Iran Mulai Produksi Jet Tempur Kowsar

Koswar Iran (Istimewa)
Jet tempur Kowsar (Istimewa)

Iran mulai produksi jet tempur Kowsar, menurut siaran televisi negara tersebut. Sementara itu, ketegangan memuncak setelah Amerika Serikat (AS) memberlakukan kembali sanksi atas Teheran.

“Sejumlah pesawat sejenis ini, yang diperlukan, segera dibuat dan digunakan Angkatan Udara,” kata Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami dalam upacara peluncuran pembangunan jet tempur pada Sabtu (3/11), yang disiarkan di televisi.

Dilansir dari laman Elshinta (3/ 11), AS pada Jumat mengatakan akan mengizinkan sementara delapan importir tetap membeli minyak Iran ketika memberlakukan kembali sanksi pada Senin untuk memaksa Iran mengekang kegiatan nuklir, peluru kendali dan kawasannya.

Setelah keluar dari perjanjian nuklir Iran, yang ditandatangani pada 2015, Presiden AS Donald Trump berusaha melumpuhkan ekonomi Iran, yang bergantung pada minyak, dan memaksa Teheran membatalkan tidak hanya ambisi nuklir dan program peluru kendali balistiknya tapi dukungannya bagi pihak sokongannya di Suriah, Yaman, Libanon dan bagian lain di Timur Tengah.

Iran menyatakan Kowsar merupakan pesawat “yang 100 persen buatan sendiri” dan mampu membawa berbagai senjata dan akan digunakan untuk misi-misi dukungan udara singkat. Namun, bebrapa pakar militer yakin jet tempur itu tiruan dari pesawat F-5 yang pertama kali diproduksi di Amerika Serikat pada 1960-an.

Angkatan Udara Iran telah dibatasi memiliki mungkin puluhan jet tempur menggunakan pesawat-pesawat model AS yang sudah menua dan Rusia. Pesawat-pesawat tersebut diperoleh sebelum revolusi Iran tahun 1979.

Teheran mengirimkan senjata dan ribuan serdadu ke Suriah membela pasukan Presiden Bashar al-Assad, tetapi harus bergantung pada Rusia untuk dukungan udara karena keterbatasan pasukan angkatan udaranya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

4 tanggapan untuk “Iran Mulai Produksi Jet Tempur Kowsar”

  1. lumayan dapat ilmu dari penelitian, pengembangan, dan pembuatan pesawat tersebut walaupun terlihat sama seperti f 5 yang penting bisa buat pesawat 100 persen buatan sendiri meskipun dilanda krisis yang hebat.

    Suka

  2. Jangan lupa F5 di kembangkan menjadi F20 yang memiliki kemampuan setara F16. Jeroan pesawat Iran ini tentu jeroan abad 21.

    Suka

  3. f 5 yang di kembangkan menjadi f 20 itu kemampuannya bahkan lebih canggih dari pada f 16 pada saat itu, sudah ada 4 prototipe yang dibuat dan siap untuk di pasarkan. pihak northop pun sangan berharap f 20 bisa masuk pasar internasional. tapi karena kebijakan ronal reagen akhirnya f 20 di tinggalkan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s