Pesawat Tempur Gripen E Terbang dengan Menggotong Meteor

Pada bulan Oktober, Saab telah sukses untuk menyelesaikan uji terbang Gripen E dengan menggotong Misil Meteor Beyond Visual Range Air-to-Air Missile (BVRAAM) untuk pertama kalinya.

Menurut Press Release Saab tertanggal 12 November 2018 yang diperoleh Lancer Defense, Penerbangan ini membawa dua misil Meteor dimana pesawat tempur Gripen E (designated 39-8) dioperasikan dari landasan udara Saab di Linköping, Swedia.

”Pesawat ini terus melesat dengan mulus seperti yang kita lihat pada tahap uji coba seluruh penerbangan dengan external stores. Saya sangat menantikan langkah-langkah selanjutnya dalam program pengujian penerbangan, membawa kita lebih dekat dan lebih dekat lagi untuk menyelesaikan pengintegrasian senjata. Meteor membuat Gripen E mampu mendominasi udara”, kata Robin Nordlander, Saab, Gripen experimental test pilot, Saab.

Pengujian dengan Misil Meteor ini adalah bagian dari pengintegrasian senjata dalam program pengujian Gripen E dan menandai tonggak penting dalam perjanjian Saab dengan Swedia. Langkah berikutnya adalah untuk terus terbang dengan konfigurasi yang berbeda dan secara bertahap memperluas penerbangan.

Meteor adalah BVRAAM yang dipandu oleh radar aktif, unggul dari rudal lain sejenisnya, dan mampu melihat target udara secara otonom, siang atau malam, dalam segala cuaca dan lingkungan peperangan elektronik. Sistem propulsi rudal ramjet membuat Meteor ini memiliki kinerja berkecepatan tinggi dan energi untuk mengalahkan target dengan kecepatan tinggi dan dari jarak yang jauh. Saab Gripen C/D yang digunakan Angkatan Udara Swedia pada tahun 2016 adalah pesawat tempur pertama di dunia yang beroperasi dengan rudal Meteor.

Misil Meteor adalah salah satu kolaborasi pertahanan yang paling sukses di Eropa dan menggabungkan Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Swedia bersama menciptakan sebuah gebrakan untuk pertempuran udara. Saab adalah mitra dalam program Meteor dalam hubungannya dengan kontraktor utama MBDA UK.

Photo: Gripen E with Meteor Missile (Saab)

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Pesawat Tempur Gripen E Terbang dengan Menggotong Meteor”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s