Latihan SMASHEX 2018

latihan Simulated Submarine Casualty Execise (SMASHEX) 2018
Latihan Simulated Submarine Casualty Execise (SMASHEX) 2018 (TNI AL)

Asisten Operasi Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Sawa, S.E., M.M., mewakili Asisten Operasi Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., membuka latihan Simulated Submarine Casualty Execise (SMASHEX) 2018, yang digelar mulai tanggal 13 s.d 15 November 2018, bertempat di gedung Candrasa Mako Koarmada II. Surabaya. Selasa (13/11/2018).

Dilansir dari laman TNI AL (14/ 11), Dalam sambutan Asops Kasal yang dibacakan Asops Pangkoarmada II menyampaikan suatu kehormatan bagi TNI AL khususnya Koarmada II menjamu kedatangan delegasi Amerika di Markas Koarmada 2.

Lebih lanjut Asops Kasal menerangkan bahwa kerjasama internasional antara TNI AL dan US Navy merupakan refleksi dari hubungan yang baik yang menghasilkan hubungan kerjasama yang baik antara TNI AL dan US Navy.

Smashex dan Submarines Staff Talk yang dilaksanakan saat ini merupakan latihan bersama yang berfokus pada pencarian dan penyelamatan kapal selam yang berdasar pada misi kemanusiaan, yang ditujukan untuk misi penyelamatan personil pada kapal selam yang berada dalam kondisi bahaya. Oleh karena itu maksud latihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang operasi SAR kapal selam.

Selain itu, tujuan latihan ini juga untuk memajukan kerjasama internasional antara TNI AL dengan US Navy.

Asops Kasal menegaskan, adapun syarat untuk melakukan operasi penyelamatan dari kerusakan kapal selam, yang pastinya akan melibatkan fasilitas dan aset negara yang lain, dalam hal ini US Navy sebagai partner latihan bersama ini.

Diakhir amanatnya Asops Kasal meminta kepada seluruh peserta latihan dari kedua negara untuk berpartisipasi maksimal, serius, dan megikuti seluruh  standar prosedur operasi sehingga semua tahap latihan ini berjalan dengan mulus dan sesuai harapan.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s