ARA San Juan Argentina yang Hilang Setahun Lalu Ditemukan

Kapal selam ARA San Juan milik militer Argentina dilaporkan hilang bersama 44 awak setelah mengalami masalah komunikasi. (Reuters)
Kapal selam ARA San Juan milik militer Argentina dilaporkan hilang bersama 44 awak setelah mengalami masalah komunikasi. (Reuters)

Angkatan Laut Argentina mengatakan tim pencari kapal selam yang hilang satu tahun lalu telah berhasil menemukan kapal selam tersebut pada hari Sabtu (17/ 11). Kapal selam “ARA San Juan” yang membawa 44 awak itu terdeteksi di kedalaman 800 meter di lepas pantai Semenanjung Valdes di Patagonia Argentina.

Dilansir dari laman VoA (17/ 11), Angkatan Laut Argentina mengatakan “identifikasi positif” itu dilakukan oleh sebuah kapal selam yang dioperasikan dari jarak jauh oleh kapal Amerika “Ocean Infinity” yang disewa sebagai upaya terakhir menemukan kapal selam yang hilang itu.

Pengumuman itu hanya dua hari setelah keluarga para pelaut yang hilang itu mengadakan upacara memperingati satu tahun hilangnya kapal selam naas itu.

Kapal selam “ARA San Juan” terakhir kali melakukan kontak pada 15 November 2017.

Angkatan Laut mengatakan kapten kapal selam itu melaporkan bahwa air laut memasuki snorkel yang digunakan untuk mengambil udara dari permukaan ketika kapal selam memasuki laut. Air menetes ke salah satu batere yang menyebabkan korsleting listrik.

Beberapa saat kemudian, lewat telpon satelit, kapten itu mengatakan telah berhasil mengatasi masalah tersebut. Tetapi beberapa jam kemudian terjadi ledakan di tempat dimana kapal itu terakhir kali dapat berkomunikasi.

Kapal selam itu memiliki cukup oksigen untuk bertahan di bawah air selama 10 hari. Tahun lalu pada akhir November misi penyelamatan diakhiri.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “ARA San Juan Argentina yang Hilang Setahun Lalu Ditemukan”

  1. Lha wong kaselnya udah terbelah jadi beberapa bagian kok…foto yg diambil dari AUV menunjukkan baling-baling sudah terlepas dari dudukannya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s