Modernisasi Alutsista Korps Artileri Medan

Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed) telah memiliki beberapa alutsista baru, diantaranya Meriam 155 MM/ GS Caesar buatan Prancis yang sudah dioperasionalkan di Yonarmed 9 dan Yonarmed 12 Kostrad.

Dilansir dari laman Tribun Jabar (4/ 12), Pusdik Armed juga memiliki Rocket MLRS Astros II MK 6 yang sudah dioperasionalkan di Yonarmed 1 dan Yon Armed 10 Kostrad serta Meriam M109 A4 BE yang saat ini dalam proses uji fungsi dan uji terima.

Danpussenarmed, Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, mengatakan, saat ini Pusdik Armed berulang tahun yang ke-73, sehingga prajuritnya harus semakin profesional dan siap mendukung tugas pokok TNI AD dan profesional dalam mengoperasikan kesenjataan tersebut.

“Sekarang proses modernisasi sedang berjalan, saat ini kita memiliki alutsista yang canggih. Disini (Pusdik Armed) melahirkan parjurit-prajurit terbaik untuk mengoperasionalkan meriam terbaru kita,” ujarnya disela acara HUT Pusdik Armed ke-73, di Pusdik Armed, Jalan Baros, Kota Cimahi, Selasa (4/12/2018).

Saat ini, kata dia, modernisasi alutsista yang sedang dilakukan yakni melengkapi kesisteman Meriam 155 MM/ GS Caesar dan Rocket MLRS Astros II MK 6 yang sudah dioperasionalkan.

Ia mengatakan, pengadaan Meriam 155 MM/ GS Caesar itu untuk Yonarmed 20 Tjamplong dan Rai Armed Yon Mandala Yudha dan untuk Rai Armed Gardapati.

“Selain itu, saat ini juga kita sedang melengkapi kesisteman Meriam 155 MM M109A4 BE dalam rangka proses rematerialisasi Meriam 155 MM/GS Caesar Yonarmed 4 dan Yonarmed 7,” katanya.

Sedangkan untuk recana kedepan, lanjutnya, proses modernisasi yang akan dilakukan yakni upgrade sistem pengendalian dan penembakan pada meriam lama dari sistem manual menjadi sistem komputerisasi.

“Untuk kekurangan harus dimaklum namanya juga proses transfer of technology, karena prajurit kita yang asalnya mengoprasikan senjata manual menjadi digital. Jadi prosesnya harus kita ajarkan secara pelan-pelan,” kata Dwi Jati Utomo.

Disinggung terkait anggaran untuk pengadaan alutsista terbaru itu, ia mengatakan hal itu merupakan kebijakan pimpinan. Sebab pihaknya hanya membuat kajian dan pimpinannya yang akan memutuskan.

Photo: M109 tiba di Tanjung Priok 9 Juli 2018 (indonesian_military_lovers)

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Modernisasi Alutsista Korps Artileri Medan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s