Keberadaan Militer Rusia di Perbatasan Masih Tinggi

Presiden Ukraina Petro Poroshenko. (AFP)
Presiden Ukraina Petro Poroshenko (AFP)

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyebut pasukan Rusia yang berada di wilayah perbatasan masih banyak. Pernyataan itu dihembuskan sejak insiden yang terjadi di Selat Kerch, dekat Semenanjung Crimea pada 25 November lalu.

“Bagian terbesar pasukan mereka masih ada di sana. Kurang dari 10 persen yang baru ditarik,” kata Poroshenko dilansir dari laman Kompas (16/12/2018).

Insiden di Selat Kerch dimulai ketika tiga kapal perang Ukraina, dua kapal artileri ringan dan satu kapal tongkang, ditembaki kapal Rusia, dan menahan 24 pelautnya.

Kremlin menuduh ketiga kapal perang itu telah melanggar perairan mereka, dengan pengadilan memerintahkan para pelaut itu ditahan selama dua bulan.

Poroshenko memperingatkan akan adanya ancaman perang skala besar, dan menetapkan darurat militer di 10 titik perbatasan selama 30 hari.

“Ancaman invasi militer Rusia di teritori Ukraina masih ada. Kami harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya,” tegas Poroshenko.

Insiden di Kerch merupakan yang paling berbahaya sejak Rusia menduduki Crimea pada 2014, dan dilanjutkan konflik di utara Ukraina antara separatis dengan pasukan pemerintah.

Ukraina dan negara Barat menuduh Rusia terus mengalirkan pasukan dan persenjataannya di kawasan perbatasan dengan Moskwa membantahnya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Keberadaan Militer Rusia di Perbatasan Masih Tinggi”

  1. RUSIA MENGERAHKAN S-400 SETELAH UKRAINA TERAPKAN DARURAT MILITER
    Kantor berita Interfax, dikutip dari Reuters, 28 November 2018 melaporkan bahwa pengerahan S-400 dilakukan setelah Ukraina memberlakukan darurat militer selama 30 hari di beberapa bagian negara menyusul penyitaan dua kapal angkatan laut Ukraina yang mengawal satu kapal tunda beserta awak kapalnya di lepas pantai Crimea pada hari Minggu 25 November). https://militerhebatdunia.blogspot.com/2018/11/rusia-mengerahkan-s-400-setelah-ukraina_28.html

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s