Cat Anti Radar Diuji Coba Tahun Depan

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) BATAN, Prof. Dr. Ridwan mengatakan alutsista di Indonesia dapat tidak terdeteksi radar lewat penggunaan cat spesifik yang dikembangkan BATAN.

“Kita bisa memasuki daerah pertahanan lawan tanpa diketahui lawan, caranya dengan membuat sistem pertahanan kita tidak terlacak oleh radar,” kata Ridwan kepada wartawan dalam acara Ekspose Produk Inovasi sebagai Capaian Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Jawa Barat, Rabu, sebagaimana dilansir dari laman Kantor Berita Antara (19/ 12).

Dia mengatakan pihaknya telah mengembangkan bahan cat anti radar untuk kapal. “Kita menghasilkan cat anti radar yang sudah berhasil,” ujarnya.

Cat tersebut dibuat dengan menggunakan 85 persen bahan lokal dan dia berharap dapat membuat cat itu dengan 100 persen bahan lokal tanpa ada impor.

Ridwan mengatakan agar tidak terdeteksi radar, kapal dilapisi cat spesifik tersebut secara menyeluruh. Cat itu berfungsi untuk menyerap gelombang radar yang mendeteksi keberadaan kapal sehingga gelombang elektromagnetik tersebut tidak kembali pada radar lawan dan akhirnya keberadaan kapal yang dilapisi cat khusus tersebut tidak terdeteksi. Cat itu menyebabkan kapal seperti “siluman” karena tidak terdeteksi radar.

Pihaknya akan melakukan uji coba kapal “siluman” dengan sistem anti radar itu pada pertengahan Januari 2019.

Dia mengatakan pihaknya juga berkeinginan untuk mengembangkan cat untuk sistem anti radar pada kapal terbang untuk pertahanan udara.

Dia berharap pemerintah akan membuat suatu lembaga khusus untuk penelitian itu di bawah Kementerian Pertahanan RI yang dapat dipakai untuk alutsista negara baik di darat, laut dan udara.

Lembaga itu kemudian akan fokus mengembangkan bahan cat yang sesuai spesifikasi masing-masing alutsista demi keamanan dan pertahanan negara Indonesia.

Photo: Prof. Dr. Ridwan menyampaikan pemaparan dalam acara Ekspose Produk Inovasi. (Antara)

Editor: (D.E.S)

Iklan

9 tanggapan untuk “Cat Anti Radar Diuji Coba Tahun Depan”

  1. @adnan

    kan RUDAL, bukan PESPUR

    PESPUR untuk menjadi siluman bukan hanya cat, namun harus ada anti radar, gimana sih

    sedangkan RUDAL siluman ini di beberapa negara udah tercipta/terlaksana, israel, amerika, jepang, china, benua eropa, dll

    Suka

  2. kok rudal sih?…itu cat khusus utk kapal!!…tinggal tunggu aja kabar tesnya….gw gak yakin sih…ada bnyk faktor tuk mmbuat kapal jd siluman,..gak cuman cat, bikin kapal jd siluman,..faktor kelembabpan udara,…suhu laut,..prgerakan kapal,..pancaran EM dr kapal, dll…sangat rumit,..kaya’ny blom ada negara di dunia ini yg bisa bikin kapal jd bener2 siluman,..tapi cuman mngurangi penampakan aja di radar.

    seharusnya, penemuan kaya’ gini dirahasiakan…amrik aja gak prnh mengekspos hal2 penemuan & uji teknologi siluman,..

    tapi doakan aja smoga berhasil nnti tesnya..

    Suka

  3. Memang ada beberapa faktor teknik stealth diantaranya desain, logam special maupun cat khusus, akan tetapi lapisan cat khusus ini konon yg paling berpengaruh, bahkan stealth fighter as juga harus membutuhkan perawatan rutin mengenai lapisan catnya agar tetap stealth, bagaimanapun juga penemuan teknisi indonesia ini harus didukung pihak pemerintah maupun TNI demi proyek2 alutsista dimasa depan seperti proyek IFX maupun kapal klewang yg sudah memiliki fitur desain stealth…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s