Lanud Abd Saleh Malang ingin Win-win Solution

Sebuah pesawat komersil mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang , Jawa Timur. (Republika)
Sebuah pesawat komersil mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang , Jawa Timur. (Republika)

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama operasional Bandara Abdulrachman Saleh Malang.

Dilansir dari laman Tribun Jatim (27/ 12), Penandatanganan kerjasama itu dilakukan di Hotel Aria Gajayana Malang.

Danlanud Abdulrachman Saleh Marsekal Pertama (Marsma) Pnb Andi Wijaya dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Fattah Jasin menandatangani langsung perjanjian itu.

Dalam keterangannya, Andi Wijaya ingin ada win-win solution dalam pengelolaan bandara. Pasalnya, Bandara Abd Saleh sangat dekat dengan pengakalan udara milik TNI AU. Dikatakan Andi, sebetulnya bandara Abd Saleh adalah bandara khusus karena merupakan basis militer.

Namun saat ini bisa dibuka untuk kepentingan publik. Dengan adanya aktivitas publik di situ, aktivitas kemiliteran seperti latihan penerbangan para prajurit TNI AU harus disesuaikan. Bahkan kata Andi, training area di Lanud Abd Saleh mulai terbatas.

“Lanud Abd Saleh berdasar kebijaksanaan TNI seharusnya restricted area (area khusus). Namun kami membuka diri untuk pengembangan daerah makannya dibuka penerbangan sipil. Kalau saya bilang win-win solution, penekannya adalah walaupun ada kegiatan tapi tidak mengurangi sisi pertahanan dan keamanannya, jadi semua harus dikoordinasikan dan dituangkan di perjanjian tertulis,” ujar Andi.

Dia juga menyampaikan, bukan hanya keterbatasan latihan saja yang dialami TNI AU, melainkan kerahasiaan pangkalan juga semakin terbuka. Andi berharap ada pilihan lain yang membuat ke dua belah pihak mendapatkan manfaatnya untuk pembangunan di Malang Raya.

Lebih jauh dia menyampaikan agar rencana pendirian bandara internasional di Malang Raya tidak mereduksi dengan kepentingan militer. Maka, diperlukan kajian yang benar-benar memberi jalan keluar atas kepentingan militer dan masyarakat.

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Lanud Abd Saleh Malang ingin Win-win Solution”

  1. Secara historis bandar udara sipil awalnya peruntukannya memang lanud militer…jadi pr untuk Kemenhub buat kedepannya fokus bikin bandar udara sendiri

    Suka

  2. Disitu dilematisnya…lanud AU kalo join operation dg bandara sipil menghemat biaya operasi dan pemeliharaan.

    Mungkin yg perlu dipikirkan adalah penggunaan runway yg terpisah dan aerodrome khusus utk kepentingan latihan bagi pesawat2 TNI AU

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s