AS Sampaikan Permohonan Maaf Usai Unggah Kicauan Soal Bom

Kicauan STRATCOM (New York Times)
Kicauan STRATCOM (New York Times)

Komando Strategis AS (STRATCOM) menjadi sorotan publik karena kicauan dan videonya di Twitter pada Senin (31/12/2018).

Dilansir dari laman Tribunnews (1/ 1), dalam kicauannya tersebut, STRATCOM menuliskan bahwa Times Square di New York City memiliki tradisi menjatuhkan bola kristal setiap tahun baru.

Pada kicauannya tersebut juga memperlihatkan pesawat pembom B-2 Spirit sedang menjatuhkan bom seberat 13.600 kg di lokasi latihan.

Kicauan itu diunggah saat orang-orang di Amerika tengah bersiap merayakan Malam Tahun Baru dan dihapus sekitar tiga jam kemudian.

Dalam video yang sudah ditonton sebanyak 120 ribu kali, memperdengarkan musik latar dan tulisan yang menjadi background seperti ‘STEALTH’, ‘READY’, dan ‘LETHAL’.

“Jika diperlukan, kami juga siap menjatuhkan sesuatu yang jauh lebih besar,” tulis STRATCOM dalam kicauannya.

Kicauan tersebut tentunya langsung mendapat banyak kritikan dari para netizen.

Walter M. Shaub Jr,. yang mengundurkan diri pada tahun 2017 dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Etika Pemerintah pun turut mempertanyakan kicauan ini. “Maniak macam apa yang menjalankan negara ini?” kicau Walter di akun Twitter-nya yang turut memberikan screenshot-an kicauan tersebut.

Seorang jurubicara STRATCOM mengatakan unggahan itu adalah bagian dari seri Year in Review mereka yang dimaksudkan untuk menampilkan prioritas komandonya yaitu pencegahan strategis, respons tegas, dan pasukan siap tempur.

Sekitar 30 menit pernyataan itu dikeluarkan, STRATCOM pun menyampaikan permohonan maafnya di Twitter. “Twit Malam Tahun Baru sebelumnya tak sesuai dengan nilai yang kami anut dan rendahan. Kami minta maaf dan berdedikasi kepada keamanan warga AS dan sekutu,” tulis STRATCOM.

Namun, NBC News melalui AFP menjelaskan bahwa gambar yang diunggah dalam kicauan tersebut merupakan bunker busters atau bom konvensional. Bukan bom nuklir.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s