Presiden Perintahkan Pengadaan Alutsista Harus Punya Spek Penanggulangan Bencana

cougar (defence.pk)
Helikopter EC725 Cougar (def.pk)

Presiden Joko Widodo mengatakan, pengadaan alutsista di Indonesia harus memiliki kemampuan penanggulangan bencana alam. “Harus ada spek yang melibatkan kemampuan untuk SAR atau bencana alam. Itu perintah presiden,” ujar Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kementerian Pertahanan, Agus Setiadji di PT DI Bandung, Selasa (9/1/2018).

Dilansir dari laman Kompas (9/ 1), Kabaranahan menjelaskan, Indonesia kerap dilanda bencana alam. Untuk itu, dibutuhkan peralatan yang bisa membantu proses evakuasi dan lainnya saat bencana terjadi. “Ke depan dengan kejadian yang sering bencana alam, alutsista kita selalu di depan dalam penanggulangan bencana. Memiliki spek untuk membantu penanggulangan bencana,” katanya.

Penanggulangan bencana yang dimaksud bisa berupa heli angkut untuk bantuan logistik, evakuasi korban bencana, hingga kemampuan untuk memadamkan api di kebakaran hutan.

Salah satu yang tengah dikerjasamakan adalah Helikopter H225M konfigurasi Angkut Berat, Integrated Logistic Support untuk TNI AU.

Helikopter H225M merupakan nama komersial yang sama dengan Helikopter EC725 Cougar yang merupakan keluarga dari Super Puma, produk kerja sama PT DI dengan Airbus Helicopters, Perancis.

Heli angkutan berat ini dibutuhkan karena wilayah Indonesia yang luas.

Heli ini akan membantu pengiriman logistik, mendukung Sarnas, dan lainnya.

“Nanti tentunya akan ada skuadron baru. Tempatnya belum ada, nanti lihat geografisnya. Untuk sekarang masih ada skuadron 8,” tutur Asisten Logistik KASAU, Marsekal Muda TNI Eko Supriyanto.

Editor: (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “Presiden Perintahkan Pengadaan Alutsista Harus Punya Spek Penanggulangan Bencana”

  1. Betul itu Pak.

    Makanya mesti harus didahulukan itu Chinook, Hercules, A400m, LVTP7, LPD, LHD, LST, BCM.

    Pesawat tempur dan pesawat patroli maritim pun harus bisa mendeteksi anomali di dasar laut, di permukaan laut dan juga mendeteksi titik-titik api di darat.

    Suka

  2. Santai pak presiden
    Su 35 juga memiliki kemampuan multirole-allweather mengangkut logistik berdaya angkut 8000kg dengan jarak tempuh yang sangat jauh dan juga berkecepatan 2,25 mach semua daerah di indonesia bisa dijangkau dengan sangat cepat
    Seharusnya pesan su 35 yang tidak full combat tapi full carrier-logistic yang sesuai intruksi pak menhan bahwa semua alutsista disesuaikan terhadap ancaman yang nyata yaitu bencana bukan ancaman yang akan datang seperti perang, dan kata pak menhan kita kalau perang akan perang total habis habisan dengan alutsista kita yang lebih difungsikan menghadapi bencana
    Bencana saja kita bisa hadapi apalagi perang kan
    Hahahaha

    Suka

  3. Asal jng keluar jalur MEF saja pak, selain ancamam alam kita juga mulai diancam musuh dr utara dan selatan

    Selatan dgn gigi stealthnya mulai ganggu papua,utara dgn stealthnya mulai ganggu natuna

    Ditengah anak krakatau dan gempa sudah dan akan berkelanjutan gempa

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s