Kepala Angkatan Laut Amerika Serikat Bakal Berkunjung ke China

Kepala Operasional Angkatan Laut AS Laksamana John Richardson berpose setelah berbicara dengan wartawan di dermaga USS Coronado, kapal tempur litoral, di Pangkalan Laut Changi di Singapura, 16 Mei 2017. (Reuters).jpg
Kepala Operasional Angkatan Laut AS Laksamana John Richardson berpose setelah berbicara dengan wartawan di dermaga USS Coronado, kapal tempur litoral, di Pangkalan Laut Changi di Singapura, 16 Mei 2017. (Reuters)

Kepala Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) akan mengunjungi China pekan depan. Lawatan ini dilakukan saat hubungan dua kekuatan dunia itu masih menegang terkait tindakan militer serta perdagangan.

Dilansir dari laman I News (12/ 1), Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana John Richardson akan melakukan perjalanan ke Beijing dan Nanjing mulai 13 hingga 16 Januari. Dia akan bertemu dengan Wakil Laksamana Shen Jinlong, yang memimpin Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat.

“Pertukaran pandangan rutin sangat penting, terutama pada saat terjadi gesekan, untuk mengurangi risiko dan menghindari kesalahan perhitungan,” kata Richardson, seperti dilaporkan AFP, Sabtu (12/1/2019).

“Dialog yang jujur ​​dan terang-terangan ​​dapat meningkatkan hubungan dengan cara-cara yang konstruktif, membantu mengeksplorasi bidang-bidang di mana kita berbagi kepentingan bersama, dan mengurangi risiko saat kita mengatasi perbedaan-perbedaan kita.”

Kunjungan itu terjadi setelah ketegangan meningkat di musim gugur yang lalu antara China dan AS terkait perselisihan perdagangan yang sedang berlangsung serta penjualan suku cadang penerbangan militer AS ke Taiwan.

Di tengah percekcokan, China menghentikan kunjungan kapal perang AS yang dijadwalkan berlayar ke Hong Kong dan membatalkan rencana Shen untuk bertemu Richardson di Washington.

Sebelumnya, Richardson dan Shen disebut sudah bertemu di sebuah forum di AS dan mengadakan tiga kali diskusi melalui telekonferensi video.

Ini akan menjadi kunjungan kedua Richardson ke China sebagai kepala Angkatan Laut AS.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s