Sistem Pertahanan Udara Suriah Tembak Sejumlah Rudal Israel

serangan misil israel tampak menerangi langit damaskus, suriah pada 25 desember 2018 lalu. (ap)
Serangan misil Israel tampak menerangi langit Damaskus, Suriah pada 25 Desember 2018 lalu. (AP)

Sejumlah peluru kendali Israel ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Suriah hari Jumat (11/1) malam, kata kantor berita resmi SANA, yang mengutip sumber militer.

Dilansir dari laman VoA (12/ 1), Kebanyakan rudal yang ditembakkan oleh pesawat-pesawat tempur Israel itu dicegat sekitar jam 11 malam, kata sumber tadi.

“Hanya satu gudang milik kementerian transportasi di bandara internasional Damaskus yang terkena tembakan rudal itu, kata laporan SANA itu.

Kantor berita resmi itu juga mengatakan bahwa bandara Damaskus masih berfungsi secara normal.

Jet-jet tempur Israel sebelum ini telah melancarkan serangan bom di Suriah untuk menghancurkan apa yang disebutnya sebagai sasaran-sasaran militer Iran dan pengiriman senjata bagi Hizbullah, kelompok Lebanon yang didukung Iran.

Kata Observatori Suriah bagi HAM yang berkantor di London, ”dua kawasan yang diperkirakan ditempati pasukan Iran dan kelompok Hizbullah telah dijadikan sasaran.”

Laporan sebelum ini menyebut meriam-meriam penangkis serangan udara Suriah telah menembaki sejumlah “sasaran musuh.” Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu bertekad tidak akan membiarkan Iran, yang mendukung rezim Suriah pimpinan Bashar al-Assad, memperkuat kedudukan militernya di Suriah. Tanggal 25 Desember lalu, Assad menuduh Israel meluncurkan sejumlah rudal ke Damaskus.

Editor: (D.E.S)

Iklan

42 tanggapan untuk “Sistem Pertahanan Udara Suriah Tembak Sejumlah Rudal Israel”

  1. Kalo dipikir-pikir, pihak yg paling bertanggung jawab atas serangan israel ke suriah itu…..ya anda-anda itu, para fensboi rusia 🤷

    Kalo mau bukti….coba tengok-tengok lagi artikel lama ketika suriah sudah menerima sistim rudal s-300 🕵️🕵️🕵️

    Waktu itu kalian bilang apa coba….:

    “(sambil cekikikan) …..Tumben nih, israel udah lama gak menyerang suriah 😸😸😸”

    Hayo diingat lagi kemarin2 siapa yg nyeletuk gitu….jejak digital dikolom komen gak bisa bohong 🙅🙅🙅

    Suka

  2. Israel kok tidak ada gentar-gentarnya…
    Sudah ada s-400, s-300, panstir, buk, tetapi masih saja terus menyerang suriah, apa perlu di coba juga tuh s-500 ???

    Mungkin baiknya israel dikasih es kelapa muda saja biar dingin dan damai…

    Suka

  3. Ah… biasa saja… ketika efektivitas serangan rudalnya makin menurun jelas itu akan buruk untuk Israel…
    Bagi Suriah jelas saat ini sudah jauh lebih baik, Israel harus menggunakan strategi yang rumit untuk menyerang Suriah, serangan sebelumnya memanfaatkan pesawat Il-20 Russia sebelum ini memanfaatkan pesawat sipil yang akan mendarat di Suriah maupun Libanon… dan saat ini Israel tidak lagi bisa menyerang dekat2 dengan wilayah Suriah karena takut pepsurnya ditembak jatuh…
    Suriah ditahun 2017 mana mampu menangkal serangan rudal dari Israel, sekarang ini srangan Israel sebagian besar bisa ditangkis…
    Yang mengerikan adalah jika Israel menumpan pesawat sipil sebagai perisai pespur mereka, karena dalam kasus Il-20 Israel cukup nekat untuk berani melakukanya…

    Suka

  4. Ini berita hoax……
    S-300 adalah yg paling seterong….
    bahkan radarnya sudah disuplai radar 96l9e, radar canggih phased array yg bisa deteksi pespur terbang rendah….

    bahkan S-300 bisa masuk ke dimensi lain dan ngumpet disana….
    #dimensi lain bisa disebut alam ghoib….. 🙄

    Suka

  5. @ochoa

    >>Kenapa Suriah gak sekali2 kirim rudal atau bom ke Israel ya? Coba di lakukan sbg balasan<<

    Lha itu apa gudang roket yg mo dipake buat menyerang israel udah keduluan dihancurin sama israel 🤷🤷🤷

    Itu gudangnya disuriah (lokasinya dekat/dilindungi batalyon 4 hanud suriah)…dikendalikan oleh milisi pro iran dan suplai senjatanya pun darisana 🕵️

    Selama negara2 yg bertikai, nafsunya saling mengeliminasi lawannya….ya gitu terus kejadiannya (tapi soal itu urusan merekalah)🤦🤦🤦

    Harap maklum…orang2 di timteng sana memang keras kepala, maunya menang sendiri😠😠😠

    Coba tengok sejarah bangsa kita…era 60-an, kita berkonfrontasi dg malaysia, tapi dg semangat kebersamaan sesama bangsa asia, tenggara sampe sekarang kawasan asean jadi salah satu kawasan yg paling stabil👍🏻👍🏻👍🏻

    Suka

  6. Komen paling atas itu lagi sakit jiwa,yang ngebom israel yg dituduh yg komentar,

    Klo iran disalahkan oleh israel kenapa gak langsung saja nyerang negara iran kan disitu pabrik rudalnya.

    Yang jelas israel mentingkan wilayahnya sendiri,arab,mesir pun akan mereka bom klo pemimpinnya tidak pro israel,dengan amerika pun sekarang mereka tidak takut,apalagi dengan indonesia hahaha

    Suka

  7. Komen orang kurang piknik ☝️☝️☝️…woles bro, tar jantungnya bengkak lho kalo terlalu serius🤷

    Suka

  8. Tuh kan…fenboi nya rusia mulai muncul satu persatu 😹😹😹

    Suka

  9. “Radar ini berkasnya gelombangnya bisa menyebar hingga -3 derajat, jadi kalo radarnya ditempatkan di puncak bukit maka dia bisa medeteksi pesawat/heli/drone/rudal jelajah yg terbang rendah dilembah dibawahnya….apalagi kalo radarnya dipasangkan pada tiang setinggi 20~40 meter dan ditempatkan diatas bukit maka semakin jauh kemampuan deteksinya terhadap obyek yg terbang rendah.”

    “Maka tak aneh ketika rusia mengklaim bahwa setelah suriah dilengkapi dg sistim rudal s-300 dan radar 96l6e….mereka bisa melihat pespur israel yg terbang sangat rendah, bahkan ketika pesawatnya baru take off dari pangkalannya (>>> posisi suriah, terutama di barat damaskus yg berbatasan dg dataran tinggi golan dan lebanon lebih tinggi dibanding israel)”

    “Lalu bagaimana mereka bisa kebobolan……disitulah masalahnya 🙋🙋🙋”

    https://www.rt.com/news/moscow-new-radar-deployed-424/

    Suka

  10. Kan memang sekarang jamannya perang proxy….gak israel, gak iran atau yg kekuatan yg lain tren nya bgt.

    Maka di atas saya komen begini 👇:

    >>>Selama negara2 yg bertikai, nafsunya saling mengeliminasi lawannya….ya gitu terus kejadiannya (tapi soal itu urusan merekalah)🤦🤦🤦

    Harap maklum…orang2 di timteng sana memang keras kepala, maunya menang sendiri😠😠😠

    Coba tengok sejarah bangsa kita…era 60-an, kita berkonfrontasi dg malaysia, tapi dg semangat kebersamaan sesama bangsa asia, tenggara sampe sekarang kawasan asean jadi salah satu kawasan yg paling stabil👍🏻👍🏻👍🏻<<<

    Suka

  11. Sebenarnya “perang proxy” itu bukan barang baru…dari dulu juga sudah ada, cuma kemasannya yg semakin canggih 👌

    Tiap terjadi konflik, dibelakangnya selalu bermain pihak2 yg dominan yg turut bermain….tapi selama masih ada negara atau bangsa yg masih mau diperalat(diperbodoh), ya perang proxy ini akan selalu ada.

    Sebab kalo pemain2 utama saling berhadapan secara langsung….kerusakannya akan sangat besar, seperti jaman PD I/PD II 😱😱😱

    Suka

  12. Maka bung avner….sbg fansboy saya hanya tertarik mengamati pada sisi taktik dan strateginya 🕵️

    Sebab saya bangga hidup di Indonesia 🤗🤗🤗

    Suka

  13. hush ngaco ini si mbah………..

    proxy itu kata yg dirumuskan oleh pakar politik yg berhaluan realisme.
    untuk penggunaan kata proxy war pada WW2 sangat tidak tepat, cocoknya menggunakan kata volunter, bantuan, dan lain-lain.
    contoh, amrik kirim AVG ke cinak pas cinak diserang sama jepang.

    jerman dan sovyet kirim volunter dan bantuan ke spanyol.
    jerman kirim expedisionary force ke timteng yg dikepalai rommel
    italia kirim expedisionary force ke rusia untuk bertempur di east front

    apalagi yak 🙄 kok tiba2 saya jadi lupa…….

    nah Proxy war itu baru dirumuskan setelah negara2 superpower mempunyai nuklir yg banyak. Nuklir dijadikan alat untuk menggertak, siapa yg ada dibawah payung nuklir pasti akan aman.
    Tapi tidak semua negara punya nuklir, toh israel yg ngidam nuklir, akhirnya tetap diembargo nuklir sama amerika, lalu akhirnya tunduk lah israel sama amerika, setelah nuklirnya disita.

    Nah sekarang Proxy war dilakukan untuk menjaga keseimbangan kawasan regional, atau memperluas hegemoni suatu negara.

    Jadi kalok bukan pengikut Neo-Realisme ya, mbah, kata Proxy war mending kgk usah dipakai.

    nah khusus fansboy ini juga berlaku untuk fansboy rusiyah yg sok2an bicara Proxy war, Proxy war, tpi kgk paham maksudnya 🙄

    Suka

  14. Ya kan cuma beda kemasan aja dek…isinya ya sami mawon, hhh

    Suka

  15. Kalo menurut genre sekarang CLBK itu dek🤷

    Eeeeh, gak salah tu…brarti para fansboy scr tidak langsung ikut mengagungkan tsar , padahal tsar kan……🙆🙆🙆

    Memang “hari berkebalikan”….kata spongebob 😹

    Suka

  16. Mak…eh mbah…
    Kalau masalah proxy war pahamlah…
    Memang ada beberapa kelompok2 atau negara tertentu yg sengaja dijadikan boneka..

    Yg saya bilang komen dari jonah itu mendekati fakta adalah bagian sakit jiwanya..😊😊 peace mak…eh mbah..✌✌

    Suka

  17. Suriah baru saja babak belur karena perang di negaranya yang diacak2 ISIS… untuk negara yang baru saja berantakan kemampuan menangkis rudal canggih oleh Suriah jelas sudah menunjukan kalau polesan Russia kepada sistem pertahanan kuno dan sistem pertahanan pendek Suriah cukup mumpuni…
    Israel makin keteteran untuk menyerang Suriah, dan saat ini mereka jelas memanfaatkan S-300 yang pastinya masih melibatkan pihak Russia, RUssia tidak pernah menembak ataupun menyasar untuk menarget apalagi memprotes Israel atas serangan ke Suriah, kasus Il-20 RUssia komplain tetapi komplain ke cara licik Israel yang menggunakanya untuk tameng…
    Arab Saudi saja Patriotnya berantakan menghadapai rudal tua yang digunakan Houthi, ga pernah ada video yang menunjukan kalau mereka mampu menangkalnya, ada juga malah nyungsep balik…

    Suka

  18. Russia jelas sudah kembali ber evolusi dari negara runtuh kembali mendapatkan supremasinya… sesuatu yang sangat mengagetkan USA, apalagi keterlibatan langsung di medan perang Suriah yang tadinya di anggap remeh dan bahkan disinyalir akan membuat bangkrut Russia ternyata malah menunjukan sebaliknya, sebelumnya tidak pernah di ketahui seperti apa kemampuan alat tempur Russia dan perang Suriah menunjukan kemampuan yahud dari kemampuan Russia…
    Sesuatu yang membuat USA sewot berat sampau menggunakan sanksi untuk memberangus penjualan alutista Russia…

    Suka

  19. Ukraina itu negara yang lupa diri… mereka besar dan berkembang bersama dengan Soviet dan Russia dan tiba2 berambisi beralih kiblat untuk merapat ke barat… ingat bahwa sebelum terjadi krisis Ukraina terjadi kudeta kepada presiden yang memang pro ke Russia… lalu siapa yang imperialis???
    Ukraina justru dibawa ke krisis oleh orang2 yang berambisi untuk memegang pemerintahan, bahkan sampai saat ini Ukraina tidak pernah berada dalam situasi yang nyaman karena mereka memang menciptakan kerumitan bagi mereka sendiri…
    Memiliki ketergantungan kepada RUssia tetapi berusaha berpaling karena orang2 dipemerintahan yang ingin mendapatkan keuntungan dari beralih ke pro barat…

    Suka

  20. Eya soal tu dek avner…🤷

    Ane teringat jaman belum ada “ojol”….sopir angkot kalo dikomplin penumpang lantaran kelamaan ngetem, sukanya ngeles gini : “kalo gak sabar naek yg laen aja pak/bu😏”

    Naaah…giliran sekarang ucapannya dikabulin, pada pusing kepala mereka 🙆🙆🙆

    Suka

  21. Oooh….itu dek yuli abis ngisi paketan unlimited 😹😹😹

    Suka

  22. kok komentar saya raib ya ?
    bahkan komentar selanjutnya butuh moderasi ?
    memang kenapa ini adminnya, kan saya bahas rusia yg sudah bukan kommie lagi, orang2 kaya jimmy sullivan pasti kegirangan klo saya klaim rusia itu bukan kommie lagi, habis itu dia bisa bebas jualan alutsista tanpa rasa beban bahwa dirinya ada sangkut paut dengan kommie…..

    lihat tuh dari pandangan yg berbeda, jgn lihat dari sudut kamera.

    Suka

  23. yuli hantoro…
    Sejauh ini tidak ada satupun sumber data atau info yg kredibel..
    Tak ada satupun yg percaya tentang klaim masing2 negara, entah itu saudi, suriah maupun israel dll..
    Sebagai seorang penonton, yg dilihat tentu hanya besar kecilnya dampak kerusakan yg ditimbulkan oleh penyerang, dan target serangan berhasil dicapai…simple
    Masing2 penonton akan menilai seberapa efektif strategi maupun kapasitas senjata yg diterapkan…

    Suka

  24. membahas rusia menjadi negara neo imperialis adalah hal yg wajar lha. komen saya sebelumnya ya memang utk memancing keluar org2 yg masih punya pemikiran sempit seperti kommie, ideologi butut yg sudah ketinggalan jaman.

    tapi kenapa komen saya hilang ya,,,, jadi curiga. 😶

    komen tiba2 hilang tanpa pemberitahuan, padahal semua komentar saya klo saya serius itu bukan macam opini seperti yg di ucapkan oleh yuliantoro.
    semua ada sumbernya, mulai dari link, youtube/video, sampai agency thesis.

    lalu kenapa opini orang yg ga berbobot malah dibiar kan ya 😔
    oh nanti bilang ini forum militer, padahal tulisannya defense(pertahanan), maka topik sekuritas, sosial, politik dan keamanan juga wajib di bahas. yg kgk wajar ya bahas seputar masalah kampanye 👀

    Suka

  25. Siapa itu diatas ☝️ bawa-bawa nama jimmy sullivan…mbok orang yg sudah tenang di alamnya (dikebon karet) jangan diusik lagi, gak takut kualat emangnya 😬😬😬

    Suka

    1. proxy itu harusnya menurut yaacov bar siman tov, yg menulis tentang proxy war, beberapa tulisan mengacu kepada tulisan dia mbah…… toh dia yg merumuskan masak kita yg ngutak ngatik…..

      Suka

  26. justru yg ngeyel itu si mbah…..
    pakai simbol jari tangan 1 eh 2 eh 1 xixixixi…..
    mau kampanye terselubung yach…… 😒😱

    Suka

  27. Yg bilang gitu orang israel loh, mosok mau dibantah 😬😬😬

    Tuh perhatiin komen @jonah: “….klo pemimpinnya tidak pro israel,dengan amerika pun sekarang mereka tidak takut,apalagi dengan indonesia hahaha”

    Amerika aja dilawan (kata jonah)…apalagi cuman sampeyan dek 🙆🙆🙆

    Suka

  28. harus dilihat dulu apa maksudnya, dan jgn lupa komen saya diatas itu mbah, proxy dilakukan oleh negara yg memiliki nuklir.

    nah suryah dipayungi oleh rusia, tpi tidak memayungi iran di suryah.
    itu lah mengapa israel merasa berani menggebuk iran disuryah.
    makannya israel sering ke moskow utk deal supaya kgk ditembak jatuh pespurnya.
    yg kaya gini namanya bukan proxy war, ini namanya license to kill 😂😂😂 kaya james bond aja 😂😂😂

    lalu posisi israel juga terancam, krn zonk kgk ada yg mayungin, otomatis dia harus cari perlindungan sama amerika.

    klo arab saudi cs santai2 aja intervensi(bukan proxy lho) ke yaman, asal moralnya kuat, taktik dan strategi juga harus banyak.

    Suka

  29. Persiapan dek….biar mbah nggak ngantuk di JCC nanti 😹😹😹

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s