Singapura Penjajakan Beli Jet Tempur Siluman F-35

f-35 (@frankcrebas on instagram)
F-35 (@frankcrebas on Instagram)

Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen mengatakan negaranya berencana membeli sejumlah jet tempur siluman F-35, guna menggantikan armada F-16 yang dinilai sudah uzur. Ng menganggap jet tempur canggih buatan perusahaan Lockheed Martin itu paling cocok untuk menggantikan armada ‘Fighting Falcon’.

“Mereka (pejabat pertahan) telah memutuskan bahwa F-35 akan menjadi petarung penggati yang paling cocok,” tulis Ng dalam unggahannya di Facebook, pada Jumat (18/ 1), sebagaimana dilansir dari laman CNN (19/ 1).

“Kami ingin membeli beberapa pesawat itu terlebih dahulu sehingga bisa secara penuh mengevaluasi kapabilitas F-35 sebelum memutuskan membeli untuk armada penuh.”

Dikutip Reuters, Ng mengatakan pihaknya akan berbicara dengan mitra mereka di AS untuk membicarakan rencana pembelian tersebut. Dia memaparkan butuh waktu sekitar sembilan bulan hingga satu tahun untuk menyelesaikan persyaratan kesepakatan pembelian awal.

F-35 merupakan salah satu jet tempur generasi kelima di dunia, dan hasil penjualannya menyumbang sekitar seperempat total pendapatan Lockheed.

Berdasarkan kontrak negosiasi dengan Kementerian Pertahanan AS, harga jual F-35 bervariasi mulai dari seri F-35A sekitar US$90 juta atau sekitar Rp1,2 triliun.

Harga tersebut sempat dikritik Presiden Donald Trump dan pejabat AS lainnya, yang juga mengeluh perusahaan kerap mengulur waktu produksi dan pembengkakan biaya.

Tahun lalu, seluruh F-35 buatan Lockheed Martin terpaksa ditarik untuk pemeriksaan mesin, menyusul insiden kecelakaan F-35B pada 28 September lalu di dekat Beaufort, South Carolina.

Editor: (D.E.S)

Iklan

6 tanggapan untuk “Singapura Penjajakan Beli Jet Tempur Siluman F-35”

  1. Dan Indonesia masih berurusan dengan yg 11 biji itu, sampe sekarang gak selesai-selesai. Sementara negara tetangganya udah mau beli siluman sama upgrade F-16nya ke versi viper

    Bener2 bagaikan gajah dikalahkan semut nih kalo begini 😋

    Suka

  2. Dan mereka pasti uji coba diruang udara Indonesia,mereka punya seuprit.

    Stealth..stealth wake up cui… RCSnya cm 0.5m2, side winder megap”

    Jng jumawa dgn histori masa lalu,hawk bs nguber F18,f16 nglock…shit

    Suka

  3. Dan mereka pasti uji coba diruang udara Indonesia,mereka punya seuprit.

    Stealth..stealth wake up cui… RCSnya cm 0.5m2, side winder megap”

    Jng jumawa dgn histori masa lalu,hawk bs nguber F18,f16 nglock…shit

    Suka

    1. Itu bagus, sekalian uji coba radar pasif TNI…apakah efektif atau sebaliknya,,bahkan seandainya efektifpun kebutuhan pesawat AEW&C akan lebih diprioritaskan…

      Suka

  4. Merupakan hasil pengembangan dari pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Pesawat ini adalah pesawat tempur supersonik berkursi tunggal, bermesin tunggal, serta dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara-ke-udara (dogfight), dukungan udara jarak dekat, dan pengeboman taktis. Pengembangan pesawat ini dibiayai oleh Amerika Serikat, Britania Raya dan beberapa negara lainnya. F-35 Lightning II dikembangkan dan diproduksi oleh industri kedirgantaraan yang dipimpin oleh Lockheed Martin serta dua rekan utamanya, BAE Systems dan Northrop Grumman. Pesawat demonstrasi pertama kali terbang pada tahun 2000, dan pesawat versi produksi pertama kali terbang pada 15 Desember 2006 dengan dipiloti oleh Steve Long, salah seorang pilot RAF…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/09/f-35-lightning-ii-joint-strike-fighter.html

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s