KRI Semarang-594 TNI AL Siap Arungi Samudra

ksal laksamana tni siwi sukma adji, menijau fasilitas medis ketika meresmikan kapal perang republik indonesia (kri) semarang (smg)-594. (sindonews)
KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, menijau fasilitas medis ketika meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Semarang (SMG)-594. (Sindonews)

KRI Semarang (SMG)-594 resmi menambah kekuatan Armada TNI Angkatan Laut. Alutsista baru jenis Landing Platform Dock (LPD) ini merupakan karya anak bangsa yang diproduksi di PT PAL.

Dilansir dari laman Sindonews (21/ 1), KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, mengatakan KRI Semarang-594 bertugas untuk membantu distribusi militer baik logistik, peralatan dan perlengkapan militer, serta sebagai kapal bantu rumah sakit untuk bantuan bencana alam.

“KRI Semarang-594 akan membantu kapal rumah sakit KRI dr. Soeharso-990 untuk kepentingan misi kemanusiaan, penunjang pembangunan nasional, penanganan bencana alam serta membantu dalam program pemerintah,” kata KSAL saat meresmikan KRI Semarang-594, di galangan kapal PT. PAL Indonesia, Koarmada II Ujung, Surabaya, Senin (21/1).

KSAL berharap, kehadiran KRI Semarang-594 di jajaran armada TNI AL secara bertahap ini dapat mempercepat terwujudnya postur TNI Angkatan Laut yang profesional dan modern.

Selain itu, juga mampu memperkuat kemampuan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. “Sesuai dengan kebijakan visi dan misi pemerintah yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,”ujarnya.

Sedangkan untuk pilihan nama KRI Semarang-594, Laksamana bintang empat ini mengungkapkan, nama Semarang diberikan dengan harapan kapal ini mampu berperan sebagai penghubung serta menjadi sarana proyeksi kekuatan TNI dengan TNI AL ke seluruh wilayah nusantara, kawasan Asia, bahkan internasional.

“Semarang sebagai kota terbesar no.5 di Indonesia, memiliki pelabuhan dengan peran penting di pesisir utara pulau Jawa. Semarang menghubungkan perekonomian di pulau Jawa dengan pulau lainnya di Indonesia,” papar dia.

Kapal LPD ini memiliki spesifikasi panjang 124.00 meter, lebar 21.80 meter dengan berat 7200 ton. Kapal ini mampu menempuh kecepatan maksimal 16 knots, dengan kecepatan jelajah 14 knots, serta mampu berlayar dengan endurance selama 30 hari.

KRI produksi ini dilengkapi dengan dua kapal Landing Craft Utilities  (LCU) yang mampu mengangkut delapan unit ranpur jenis Anoa, 28 truck, serta tiga unit helikopter baik itu pada helideck maupun di hanggar kapal, dan mampu mengangkut hingga 650 prajurit.

KRI Semarang-594 akan bergabung dalam Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada I dan dikomandani oleh  Letkol Laut (P) Pantun Ujung. Kapal akan diperkuat oleh 121 anak buah kapal.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s