Media China Klaim Pesawat Tempur J-20 Lebih Hebat dari F-35

J-20 on November 11, 2018. (eng.chinamil.com.cn - photo by Wang Weid) E
J-20 (China Military)

Media China mengklaim pesawat tempur J-20 lebih hebat dari F-35 Amerika Serikat (AS). Keunggulannya berada pada jangkauan dan muatan amunisi.

Dilansir dari laman Sindonews (22/ 1), J-20 dikembangkan oleh perusahaan Aerospace Chengdu. Pesawat itu mirip dengan F-22 Lockheed Martin dan pesawat jet tempur Sukhoi T-50.

“Jangkauan dan muatan senjata secara luas dianggap lebih baik daripada F-35, yang memungkinkannya mencapai misi utamanya untuk mendapatkan keunggulan udara di medan perang abad 21,” bunyi laporan media China, Global Times, mengutip analis pertahanan Wei Dongzu.

“Apalagi, J-20 memiliki ruang untuk perbaikan. Versi J-20 yang di-upgrade akan memiliki keunggulan luar biasa dibandingkan F-35 di masa mendatang,” kata Wei. Menurut Wei J-20 telah beroperasi dengan angkatan udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sejak awal tahun lalu.

Namun, analis pertahanan Australia, Malcolm Davis, menggambarkan artikel media Beijing itu sebagai “postur”. Dia percaya F-35 lebih unggul dari J-20 dalam hal teknologi siluman.

Dia mengatakan F-35 lebih baik dalam integrasi data dan memiliki kemampuan untuk menyatukan berbagai sumber informasi dan bertindak sebagai simpul dalam jaringan untuk berbagi informasi.

โ€œDalam pertarungan tradisional satu lawan satu antara F-35 dan J-20, itu sulit untuk diketahui tetapi F-35 memiliki keuntungan dalam hal sembunyi-sembunyi dan dalam kesadaran medan perang. J-20 lebih cepat dan memiliki rentang yang lebih panjang dan muatan yang besar,” katanya.

Davis, yang menjadi analis senior di Australian Strategic Policy Institute, mengatakan pertanyaan itu bukan pertanyaan sederhana.

โ€œIntinya adalah saya pikir mereka terlalu dini dalam mengatakan itu lebih unggul tetapi kita tidak mampu untuk berbicara tentang hal itu,” ujarnya, seperti dikutip The Australian, Rabu (23/1/2019).

Editor: (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “Media China Klaim Pesawat Tempur J-20 Lebih Hebat dari F-35”

  1. Patut d pertimbangkan jg oleh kmenhan….sbagai anti dot siluman australia d selatan…tmpatkan d kupang dg perlindungan pertahanan udara yg mempuni…soal harga lbih ekonomis.untuk siluman dr singapura anti dotnya baru su35… d pknbaru. Untuk natuna bsa d kombinasikan su 35,j20 dan si viper….sbgai antidot CHINA D laut natuna utara…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s