AS Bentuk Komando Luar Angkasa

Presiden AS Donald Trump menandatangani sebuah memorandum yang salah satu isinya komando luar angkasa yang disebut space command (MGN)
Presiden AS Donald Trump menandatangani sebuah memorandum yang salah satu isinya komando luar angkasa yang disebut space command. (MGN)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menandatangani sebuah memorandum yang salah satu isinya terkait komando luar angkasa yang disebut space command. Dilansir dari ABC News beberapa waktu lalu, hal itu akan mengubah cara Departemen Pertahanan melakukan pendekatan perang di luar angkasa dalam satu komando guna menangkal ancaman dari Tiongkok dan Rusia.

Dilansir dari laman JPNN (3/ 2), komando luar angkasa akan dipimpin oleh seorang jenderal bintang empat dan memanfaatkan kemampuan dan personil dari Angkatan Udara, Angkatan Darat, Korps Marinir, dan Angkatan Laut.

Tidak seperti layanan militer, pembentukan komando luar angkasa tidak akan memerlukan undang-undang yang disetujui oleh Kongres AS. Gedung Putih merilis memo itu, sementara Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan, era baru keamanan nasional Amerika di ruang angkasa dimulai hari ini.

Pence mengumumkan, Trump menandatangani arahan kebijakan ruang angkasa baru untuk menciptakan cabang keenam angkatan bersenjata, yang disebut space force atau pasukan luar angkasa.

Pence mengumumkan, Trump menandatangani arahan kebijakan ruang angkasa baru untuk menciptakan cabang keenam angkatan bersenjata, yang disebut space force. (Reuters)
Pence mengumumkan, Trump menandatangani arahan kebijakan ruang angkasa baru untuk menciptakan cabang keenam angkatan bersenjata, yang disebut space force. (Reuters)

Trump pertama kali berbicara tentang pasukan luar angkasa pada bulan Maret 2018. Namun ia secara resmi mengarahkan Departemen Pertahanan untuk memulai proses pembentukan cabang militer baru pada bulan Juni.

Sejak saat itu, para pejabat Pentagon telah mengembangkan opsi-opsi bagaimana rencana tersebut dapat terwujud di masa depan. Salah satu opsi adalah pasukan luar angkasa ditempatkan di bawah departemen angkatan udara, mirip dengan cara Korps Marinir berada di bawah departemen angkatan laut.

Saat ini, angkatan udara mengelola komando luar angkasa bintang tiga, yang bermarkas di Pangkalan Angkatan Udara Peterson di Colorado yang bertanggung jawab atas 30 ribu personel di seluruh dunia.

Editor: (D.E.S)

Iklan

4 tanggapan untuk “AS Bentuk Komando Luar Angkasa”

      1. setahu saya yang menggunakan mesin roket russia itu NASA untuk roket mereka. tetapi saat ini tidak tahu apakah kerjasama ini masih berlanjut sehubungan dengan sanksi russia

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s