Muncul Celah dalam Rencana Kontrol Ekspor Perancis-Jerman

A Royal Air Force Typhoon armed with an MBDA Meteor BVRAAM missile. (MBDA)
A Royal Air Force Typhoon armed with an MBDA Meteor BVRAAM missile. (MBDA)

Muncul berita di media Perancis tentang perusahaan lokal yang menghadapi masalah dalam memenuhi kontrak ekspor karena peraturan ekspor yang lebih ketat di Jerman.

Ini merupakan akibat dari pengetatan kontrol ekspor di Jerman, komponen penting belum mendapat ijin untuk diekspor ke pengguna akhir, mengakibatkan keterlambatan karena pemasok Prancis mencari komponen pengganti atau berpotensi harus membatalkan pesanan, sebagaimana dilansir dari laman Janes (6/ 2).

Laporan pertama dari masalah ini muncul pada 5 Februari di outlet berita Prancis, La Tribune, yang mengatakan bahwa Jerman telah memblokir ekspor beyond-visual-range air-to-air missile (BVRAAM) MBDA Meteor ke Arab Saudi.

Jerman menghentikan ekspor pertahanan ke Arab Saudi pada Oktober 2018 setelah kematian jurnalis Jamal Khashoggi di Turki.

Anak perusahaan MBDA Deutschland, Bayern-Chemie memasok sistem propulsi, booster, dan ramjet untuk Meteor BVRAAM. Sumber Jane melaporkan pada awal 2015 bahwa Arab Saudi telah menandatangani kontrak senilai USD1,1 miliar untuk sistem Meteor, untuk mempersenjatai pesawat tempur Eurofighter Typhoon-nya.

Seorang juru bicara MBDA menolak berkomentar kepada Jane tentang masalah ini.

Kontrol ekspor juga berdampak pada pasar kendaraan lapis baja.

CEO produsen kendaraan lapis baja Arquus Prancis, Emmanuel Levacher, juga menyampaikan masalah dalam memperoleh subkomponen dari sumber-sumber Jerman untuk platform yang ditujukan ke negara Arab Saudi, Mesir, Indonesia, dan India.

Dalam komentar yang dilaporkan oleh La Tribune pada 6 Februari dan dikonfirmasi oleh perusahaan, Levacher mengatakan bahwa komponen untuk kendaraan, mulai dari segel dan gearbox hingga mesin, telah ditunda oleh regulator Jerman.

Komponen-komponen ini sulit didapat dari perusahaan-perusahaan non-Jerman, membuat perusahaan harus mencari pemasok alternatif, seperti Amerika Serikat, untuk mencari solusi.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s