Spanyol Berencana untuk Bergabung dalam Proyek Pengembangan Jet Tempur Perancis – Jerman

Spanyol berencana untuk bergabung dalam proyek pengembangan jet tempur baru yang tengah dijalankan Perancis bersama Jerman.

Dilansir dari laman Kompas (12/ 2), Jet tempur baru tersebut nantinya akan menggantikan Eurofighter Typhoon dan Rafale yang telah lama digunakan oleh negara-negara di kawasan Eropa.

Menteri Pertahanan Spanyol, Margarita Robles, dijadwalkan untuk menandatangani dokumen kesepakatan kerja sama dengan Perancis dan Jerman itu di sela-sela pertemuan NATO di Brussels pada Kamis (14/02/2019).

Proyek dengan nama Future Combat Air System (FCAS) itu diluncurkan pada Juli 2017 dan mengerjakan pengembangan jet tempur, drone serta rudal jelajah.

Proyek tersebut dijadwalkan sudah akan menghasilkan jet tempur termutakhir yang mampu bersaing dengan F-35 milik Amerika Serikat maupun penggantinya, pada 2040.

Kontrak pertama dalam proyek tersebut bernilai 65 juta euro (sekitar Rp 1 triliun), diberikan kepada Airbus dan Dassault Aviation di Perancis, pada Februari untuk mengembangkan desain sistem tempur.

Spanyol, yang menjadi tempat perakitan pesawat angkut militer Airbus, kemudian mengirimkan surat kepada Perancis dan Jerman, pada Desember lalu, untuk ikut bergabung dalam proyek.

Proyek FCAS ini memiliki saingan langsung, yakni Proyek Tempest oleh Inggris, bersama Italia dan Belanda, yang telah diberikan kepada BAE Systems di Inggris.

Kementerian Pertahanan Spanyol, pada bulan Desember, sempat mengatakan keyakinan bahwa kedua proyek tersebut pada akhirnya akan bergabung, mengingat investasi besar yang diperlukan dalam pengembangannya.

Photo Ilustrasi: Tempest new fighter jet (Global Security)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s