Hadapi Bencana, Mabes TNI Siap Bantu Alutsista untuk Pemprov Lampung

KRI Makasar 590 at RIMPAC 2018 (US Navy)
KRI Makasar 590 at RIMPAC 2018 (US Navy)

Pasca tsunami yang melanda Kalianda, Lampung Selatan, Pemerintah Provinsi Lampung mendapatkan perhatian penuh dari berbagai pihak. TNI bahkan memberikan prioritas kepada wilayah Lampung untuk menanggulangi bencana di Bumi Ruwa Jurai melalui dukungan alutsista.

Dilansir dari laman Lampost (14/ 02), Dirjen Alutsista Pusjianstra Mabes TNI Kolonel Laut Yusuf Setiawan menjelaskan dalam kunjungannya ke Pemprov Lampung guna menilai dan mendata kebutuhan alutsista yang digunakan saat peristiwa tsunami terjadi.

Menurutnya alutsista yang digunakan untuk masa damai dengan masa perang berbeda.

“Alutsista saat ini masih diartikan untuk perang yaitu KRI dan besut. Sedangkan alutsista untuk TNI dalam penanggulangan bencana itu di dalamnya termasuk alat yang dibutuhkan TNI guna melakukan operasi militer selain perang, khususnya penanggulangan bencana,” kata dia usai rapat bersama Sekprov Lampung, Kamis (14/2/2018).

Dimungkinkan, lanjut dia, TNI akan membantu beberapa jenis alutsista jenis alat berat seperti truk dan lainnya. “Kita akan melihat apakah alat-alat tersebut tersedia. Jika belum bagaimana melakukan pergerakan secara cepat dari pusat maupun dari kantong wilayah lain yang akan digeser ke daerah bencana dengan cepat dan efektif,” imbuhnya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s