Indonesia Memasuki Tahap Akhir Negosiasi untuk Kontrak Tiga Kapal Selam Lainnya dengan DSME

Pejabat Indonesia telah memasuki tahap akhir negosiasi untuk menindaklanjuti pesanan tiga unit kapal selam diesel-listrik Type 209/ 1400 dengan perusahaan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Kesepakatan diharapkan dapat ditandatangani dalam beberapa bulan ke depan.

Dilansir dari laman Janes (14/ 02), Sumber-sumber industri mengatakan bahwa jika semuanya berjalan dengan baik, kontrak formal untuk kapal selam itu mungkin akan terwujud pada akhir Februari atau awal Maret.

Namun, ada beberapa keputusan yang belum dibuat, terutama berkaitan dengan pengaturan pembagian kerja yang dapat dilakukan untuk setiap kapal, ungkap sumber yang dikonfirmasi.

Setelah terwujud, kontrak yang mencakup paket dukungan dan pelatihan di ketiga kapal selam, diperkirakan bernilai sekitar USD1,2 miliar.

Jakarta menandatangani kesepakatan senilai USD1,1 miliar untuk tiga kapal selam Type 209/ 1400 dengan DSME pada Desember 2011. Dua kapal selam di bawah kontrak ini telah dikirimkan, sementara yang ketiga menunggu peluncuran di lokasi PT PAL di Surabaya. Kapal selam pertama ditugaskan pada Agustus 2017 sebagai KRI Nagapasa – 403.

Sebagaimana ditunjukkan dalam poin-poin awal diskusi yang terlihat dalam dokumen pertemuan yang diberikan kepada Janes, kapal pertama dalam kontrak lanjutan, akan menjadi kapal keempat di kelas Nagapasa Indonesia secara keseluruhan, dimana platform akan dirakit di fasilitas DSME di Okpo, Korea Selatan.

Namun, Indonesia telah mengusulkan bahwa dua dari enam modul kapal ini dibangun oleh PT PAL di Surabaya, sementara DSME akan membangun empat sisanya di Korea Selatan. Setelah siap, modul buatan Indonesia akan dikirim ke Okpo untuk perakitan.

Photo: A model of an indonesian type 2091400 submarine on display at indo defence 2018. (ihs markit – ridzwan rahmat )

Editor: (D.E.S)

Iklan

12 tanggapan untuk “Indonesia Memasuki Tahap Akhir Negosiasi untuk Kontrak Tiga Kapal Selam Lainnya dengan DSME”

      1. Rezim jomblo ini blm pernah kawin lagi kog dibilang kawin lagi, yg kawin dulu sama TS, kalo sekarang dekat lagi tumah cuma gimmick saja ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

        Suka

  1. Kok malah mundur di rakit di korea. Mana cuman 1/3 modul yg lokal…. Mana peningkatannya???
    Heran….. Aneh juga kok dipiara…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s