Dalam Tiga Bulan, Jet Tempur TNI AU Cegat Dua Pesawat Komersil Asing

Dua Pesawat Sukhoi milik TNI Angkatan Udara berhasil mengusir pesawat asing yang terbang di sekitar timur Kota Tanjungpinang
Dua pesawat tempur Sukhoi milik TNI AU berhasil mengusir pesawat asing yang terbang di sekitar timur Kota Tanjungpinang. (TNI AU)

Jet tempur TNI AU dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, mencegat dua pesawat komersil asing dalam tiga bulan. Dua pesawat asing ini dicegat karena masuk wilayah udara Indonesia tanpa izin.

Dilansir dari laman Riau1 (15/ 02), Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Kolonel (Pnb) M Arwani di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Jumat (15/2/2019), mengatakan, pencegatan dua pesawat asing itu atas perintah dari Jakarta.

Para pilot jet tempur di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru selalu siap melaksanakan perintah.

“Lanud Roesmin Nurjadin merupakan pangkalan operasional. Para pilot pesawat tempur siap melaksanakan tugas setiap saat melakukan perintah dari Jakarta,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, dua pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 TNI AU mencegat dan mengusir pesawat komersil jenis Airbus di wilayah udara Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada 31 Oktober 2018 lalu. Tulisan Indigo terlihat di badan pesawat. Pencegatan pesawat komersil ini diabadikan oleh TNI AU.

Pada 14 Januari 2019, dua jet tempur F-16 dari Skuadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru mencegat dan mendaratkan paksa pesawat komersil Ethiopia Airlines. Pesawat komersil ini dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Kepri.

Pesawat ini masuk wilayah Indonesia tanpa penjelasan dan terjadwal. Pesawat yang berangkat dari Bandara Addis Ababa Bole Internasional menuju Hongkong.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s