Disiapkan Untuk Pembuatan Film, Pesawat Nishikoreng ke Lapangan Udara Gading

Pesawat Nishikoreng ke Lapangan Udara Gading
Pesawat Nishikoreng ke Lapangan Udara Gading (TNI AU)

Replika pesawat Nishikoreng koleksi Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) parkir di landasan pacu lapangan udara Gading Wonosari. Senin (18/ 2).

Muspusdirla sebagai pelestari benda benda yang bernilai sejarah untuk diwariskan kepada generasi muda, mendukung adanya kegiatan dari rumah produksi Salto Film yang akan membuat film layar lebar dengan judul The East Indies yang berlokasi di lapangan udara Gading Wonosari. Dukungan tersebut berupa penyiapan replika pesawat Nishikoreng yang dimodifikasi menyerupai pesawat Mitsubishi Army-Guntai (Sonia) buatan Jepang tahun 1938.

Dilansir dari laman TNI AU (18/ 2), Pesawat tersebut diperlukan untuk menggambarkan cerita film diera tahun 1940an. Menurut Kepala Muspusdirla Kolonel Sus Drs. Dede Nashrudin, Muspusdirla selalu mendukung pihak manapun yang ingin mengadakan kegiatan penggalian dan pelestarian sejarah, hal ini sesuai dengan visi Muspusdirla yaitu pelestari dan pewarisan nilai-nilai sejarah TNI AU.

Replika pesawat Nishikoreng adalah buatan anggota Muspusdirla tahun 2004. Untuk kepentingan tersebut, pengangkutan ke lokasi shooting dan modifikasi pesawat yang menyerupai pesawat Guntai dilakukan juga oleh anggota Muspusdirla.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s