Optimalisasi Pemeliharaan C-130 Hercules TNI AU

Bertempat di Rupat Basjir Soerya Mako Koharmatau, Wakil Komandan Koharmatau Marsekal Pertama TNI Hadi Suwito, S.E., yang mewakili Komandan Koharmatau memimpin langsung Pelaksanaan rapat optimalisasi pemeliharaan pesawat C-130 dengan metode rotable pools.  

Rakor diikuti oleh para pejabat Mako Koharmatau, para Dansathar 15, 31 dan 33, Senin (18/ 2).

Dilansir dari laman TNI AU (18/ 2), Kegiatan ini merupakan salah satu mata rantai dalam upaya melaksanakan peningkatan kinerja dan peningkatan pencapaian sasaran pelaksanaan tugas pemeliharaan yang dilaksanakan Koharmatau.

Forum ini merupakan salah satu media  untuk saling mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan berbagai hal yang berkaitan dengan pemeliharaan Alutsista yang menjadi tugas Koharmatau.

Komandan Koharmatau, Marsekal Muda TNI Dento Priyono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wadan Koharmatau menyampaikan bahwa  Satuan Pemeliharaan 31 Depohar 30 memiliki kemampuan dalam pemeliharaan engine T56 sampai dengan level overhaul.

Pada bagian lain, Sathar 31 telah memiliki beberapa peralatan yang sudah sangat mumpuni termasuk CNC 5 axis, HPT blade refurbishment serta fuel system test bench.

Terkait hal-hal tersebut serta dalam rangka menuju optimalisasi pemeliharaan dan penggunaan anggaran sekaligus memberdayakan potensi yang ada, perlu adanya pengembangan sistem pemeliharaan dengan metode Rotable Pools.

Metode ini merupakan penyediaan Rotable Pools beserta kebutuhan break down parts secara paket dari pihak ketiga.

Lanjut Komandan, bahwa konsep dari Rotable Pools dan penyediaan break down part ini adalah penyediaan konsinyasi (consignment stock) oleh pihak ketiga di gudang Sathar 31 untuk 100% replacement dengan konsep just in time.

Dengan konsep ini, Stahar 31 tidak perlu menunggu pengadaan parts sehingga turn around time pemeliharaan engine T56 pada level overhaul akan lebih efesien.

Photo: C-130 Hercules TNI AU (IMF)

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Optimalisasi Pemeliharaan C-130 Hercules TNI AU”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s