TNI AU Kerahkan Pesawat Tempur ke Perairan Natuna

Dua jet tempur jenis Hawk 109 209 Skuadron Udara I terbang rendah untuk melaksanakan patroli di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau. (ANTARA)
Dua jet tempur jenis Hawk 109/ 209 Skuadron Udara I terbang rendah untuk melaksanakan patroli di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau. (ANTARA)

Pesawat tempur TNI AU dari Skuadron 12 dari Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, dikerahkan untuk mengamankan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I yang mencakup Tanjungpinang, Bintan, Kepulauan Anambas, Natuna hingga Selat Sunda.

Dilansir dari laman Antara (19/ 2), Kepala Dinas Operasi Lanud Raja Haji Fisabillah Tanjungpinang Mayor Wardoyo di Tanjungpinang, Selasa, dua pesawat tempur jenis Hawking 100 dan Hawk 200 melakukan operasi pengamanan di wilayah perairan itu.

“Target operasi adalah kapal-kapal asing yang melanggar ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Wardoyo yang akrab disapa Odoy menjelaskan bahwa operasi ini untuk memperkuat pengamanan di wilayah ALKI.

Dalam beberapa pekan terakhir, kata dia, ada indikasi terdapat pelanggaran yang dilakukan kapal asing di wilayah ALKI, terutama di perairan Kepri, karena itu fokus operasi di wilayah Kepri.

“Kami berkoordinasi dengan TNI AL. Seandainya ada ditemukan pelanggaran yang dilakukan di ALKI, kami sampaikan ke TNI AL,” ujarnya.

Namun, bila ada pesawat asing yang masuk di wilayah NKRI, pesawat tempur tetap mencegah, dan melakukan pengamanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pesawat Hawk 100 dan Hawk 200 mendarat di Bandara Raja Haji Fisabillah Tanjungpinang pada pukul 11.00 WIB. Sebanyak 150 personel dilibatkan dalam operasi tersebut.

“Operasi dilakukan secara acak, tidak terjadwal. Operasi dilakukan sesuai dengan misi,” katanya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “TNI AU Kerahkan Pesawat Tempur ke Perairan Natuna”

    1. Situ aja menguasai lahan ratusan ribu hektar, kok mengkritik pembagian lahan utk petani....kebongkar lu, temennya cukong 🤦🤦🤦 berkata:

      Cuma jenis pesawatnya yg ga sesuai…pake patner kek 🙆🙆🙆

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s