Pangab Australia Tegaskan Komitmen Bahwa Papua Bagian Tak Terpisahkan NKRI

Pangab Australia Tegaskan Komitmen Bahwa Papua Bagian Tak Terpisahkan NKRI
Pangab Australia Tegaskan Komitmen Bahwa Papua Bagian Tak Terpisahkan NKRI (Kemhan)

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Australian Chief of Defence Force (Panglima Angkatan Bersenjata Australia), General Angus Campbell, AO, DSC., Rabu (20/2) di kantor Kementerian Petahanan, Jakarta.

Dalam kunjungan ini, Pangab Australia menyampaikan komitmennya akan terus berupaya meningkatkan hubungan kerja sama di bidang pertahanan dengan Indonesia, khususnya kerja sama antar Angkatan Bersenjata, sebagaimana dilansir dari laman Kemhan (21/ 2/ 2019).

Selain itu, Pangab Australia juga menegaskan bagaimana komitmen dan pandangan Australia terkait Papua sebagai bagian penting yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi perlu kami tekankan kembali, komitmen kami sebagai Pangab Australia, Militer Australia dan Pemerintah Australia dimanapun, komitmen kami bahwa Papua adalah bagian yang sangat penting dan tak terpisahkan dari Indonesia”, tandas Pangab Australia saat diterima Menhan RI.

Lebih lanjut disampaikannya, komitmen Australia tersebut juga telah disampaikannya saat bertemu dengan Panglima TNI. Sikap dan pandangan Australia tersebut tidak akan berubah dan akan tetap sama sampai kapanpun. Dan Australia juga tidak akan ikut campur dalam masalah tersebut.

Australia memandang penting dan akan terus menjaga hubungan persahabatan yang telah terjalin baik dengan Indonesia.Terkait kerjasama di bidang pertahanan, dikatakannya pihaknya bersama Panglima TNI telah berkomitmen untuk terus membangun hubungan yang lebih lengkap, lebih kompleks dan lebih bernilai, khusunya antara kedua institusi pertahanan dan kedua Angkatan Bersenjata.

Konsep ke depan, Angkatan Bersenjata Australia dan TNI akan berupaya bersama-sama membangun pemimpin – pemimpin masa depan yang memiliki komitmen kuat membangun hubungan kerjasama kedua negara.

Hubungan akan dibangun dari tiga lavel yakni hubungan antar senior para purnawirawan, pemimpin masa kini dan masa depan. Dengan hubungan yang baik ini, diharapkan akan tercipta komitmen yang kuat dari militer kedua negara agar hubungan tersebut terus terjalin kuat sepanjang masa.

Editor: (D.E.S)

Iklan

5 tanggapan untuk “Pangab Australia Tegaskan Komitmen Bahwa Papua Bagian Tak Terpisahkan NKRI”

  1. Hati2 dng sikap yg tdk jelas dari austalia maupun dng negara lainnya, krn australia ada memberikan hibah kapal patroli batu bukan bekas kpd negara pasifik kecil sp vanuatu, dll dan juga papua nugini yg notabene, pendukung utama OPM. Indonesia harus ingat dan belajar pengalaman dari Timor Leste, bahwa Australia dan negara lain belum bisa dipercaya omongan dan komitmennya.

    Suka

  2. Hati2 dng sikap yg tdk jelas dari austalia maupun dng negara lainnya, krn australia ada memberikan hibah kapal patroli batu bukan bekas kpd negara pasifik kecil sp vanuatu, dll dan juga papua nugini yg notabene, pendukung utama OPM. Indonesia harus ingat dan belajar pengalaman dari Timor Leste, bahwa Australia dan negara lain belum bisa dipercaya omongan dan komitmennya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s