Peluncuran Kapal Selam Kelas Nagapasa Ketiga di Indonesia Tertunda Karena Pendangkalan

Peluncuran kapal selam diesel-listrik ketiga dari kelas Nagapasa (Tipe 209/1400) telah ditunda, tetapi pejabat galangan kapal telah menyusun solusi untuk memastikan bahwa kapal akan diturunkan ke air dalam beberapa minggu mendatang.

Dilansir dari laman Janes (26/ 2/ 2019), Seorang sumber industri mengaitkan penundaan ini dengan pendangkalan parah yang terjadi di perairan Selat Madura, dan Surabaya Western Shipping Route, yang disebut dalam peta navigasi lokal sebagai Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

“Dalam beberapa tahun terakhir, situasi pendangkalan diperburuk oleh pekerjaan konstruksi di Terminal Teluk Lamong,” kata sumber itu, mengacu pada pelabuhan terminal yang baru dibangun di Surabaya.

β€œSedimen dari konstruksi telah berimbas ke seluruh area Tanjung Perak, termasuk dermaga PT PAL di mana Alugoro seharusnya diluncurkan. Sekarang airnya terlalu dangkal untuk meluncurkan kapal dengan aman, ”tambahnya.

Alugoro adalah kapal selam ketiga dari kelas Nagapasa, yang merupakan kapal pertama yang dirakit secara lokal di fasilitas PT PAL di Surabaya. Perakitannya dilakukan melalui kerja sama dengan para insinyur dari Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan sebagai bagian dari program transfer teknologi.

Kapal itu merupakan bagian dari kontrak KRW1,3 triliun (USD1,2 miliar) yang ditandatangani antara DSME dan pemerintah Indonesia pada Desember 2011 untuk tiga SSK.

Kapal itu memiliki panjang keseluruhan 61,2 m, overall beam 6,25 m, dan hull draught 5,5 m.

Photo ilustrasi: KRI Ardadedali-404 memasuki Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, 17 Mei 2018. (Antara)

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Peluncuran Kapal Selam Kelas Nagapasa Ketiga di Indonesia Tertunda Karena Pendangkalan”

    1. anda cerdas bung tn phd. hehe
      tpi kapal selam kan bisa muncul kepermukaan, seperti layaknya kapal biasa saja.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s