Terkait Proyek Jet Tempur RI-Korsel, Wiranto: Kita Mau Negosiasi

Menko Polhukam Wiranto menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Korea Selatan (Korsel), Kim Chang-Beom. Menurut Wiranto dalam pertemuan itu dibicarakan rencana kunjungan ke Korsel untuk negosiasi proyek pesawat tempur Korean Fighter Experimental/ Indonesian Fighter Experimental (KFX/ IFX).

“Kita mau ke Korsel untuk negosiasi KFX. Biasakan, Dubes dateng untuk menyampaikan beberapa hal dalam rangka kunjungan itu,” ujar Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (1/3/2019), sebagaimana dilansir dari laman detikFinance (1/ 3).

Proyek KFX/ IFX digarap Korea Selatan. Pada 2009 Indonesia menyatakan minat untuk terlibat, yang ditandai dengan penandatangan letter of intent (LoI). Kemudian, LoI ini berlanjut dengan kesepakatan pengembangan bersama.

Rencananya, pesawat tersebut akan diproduksi sebanyak 168 unit Korsel 120 unit dan Indonesia diperkirakan 48 unit. Produksi massal rencananya dimulai 2026 nanti.

Wiranto menolak menjelaskan apa saja yang akan dibahas dalam negosiasi dengan pihak Korsel. Dia hanya mengatakan materi negosiasi akan dibahas lebih lanjut di Korsel.

“Kita belum bicara mengenai negosiasi, di sana pemimpinnya Menteri Pertahanan, di sini saya. Nanti sampai di sana baru kita bicarakan negosiasi itu, intinya bagaimana, kebijakannya bagaimana, dan nanti tim teknis yang akan melanjutkan. Itu nanti di sana, kita nggak mendahului, tapi yang pasti di sana,” tutur Wiranto.

Dia menambahkan pertemuannya dengan Dubes Korsel sebagai pendahuluan sebelum negosiasi. Menurut Wiranto Dubes Korsel nanti yang akan mengatur pertemuan untuk negosiasi nanti.

“Dubes Korsel itu untuk secara pendahuluan begitu, untuk mengatur pertemuan di sana bagaimana, itu saja,” tutur Wiranto.

Photo: KF-X IF-X di Indo Defence 2018 (Daily News)

Editor: (D.E.S)

Iklan

7 tanggapan untuk “Terkait Proyek Jet Tempur RI-Korsel, Wiranto: Kita Mau Negosiasi”

    1. Ya sudah…gimana kalo kita tinggalin aja program IFX trus melenggang belanja F-35 🀷

      Suka

      1. Enak saja ninggalin proyek ifx,sudah habis duit banyak

        Lanjutken,,sambil beli su 35

        Klo gak punya duit kan tinggal hutang gampang toh duitnya ada,bayarnya gym kalian harus bangga bayi” indonesia lahir sudah dipercaya investor utk berhutang

        Xixixii

        Suka

      2. Enak saja ninggalin proyek ifx,sudah habis duit banyak

        Lanjutken,,sambil beli su 35

        Klo gak punya duit kan tinggal hutang gampang toh duitnya ada,bayarnya gym kalian harus bangga bayi” indonesia lahir sudah dipercaya investor utk berhutang

        Xixixii

        Suka

        1. Coba dicek lagi surat tagihan yg tiap bulan dicek ke rumahmu….mana tau dari pegadaian 😁😁😁

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s