Penjelasan MiG-21 India Bisa Jatuhkan F-16 Pakistan

Indian Air Force MiG-21 fighter aircraft (File Photo)
Indian Air Force MiG-21 fighter aircraft (Istimewa)

Militer India telah membuktikan bahwa jet tempur MiG-21 miliknya menembak jatuh jet tempur F-16 Pakistan. Insiden ini mengejutkan, pesawat tempur buatan AS yang jauh lebih modern bisa dijatuhkan jet tempur buatan Rusia yang sudah tua. 

Sejauh ini, militer Pakistan tetap menyangkal bahwa F-16 miliknya ditembak jatuh. Namun, bukti yang disodorkan militer India cukup kuat termasuk puing rudal AIM-120 Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile atau AIM-120 AMRAAM buatan AS yang memang menjadi senjata F-16, sebagaimana dilansir dari laman Sindonews (1/ 3/ 2019).

Pakar militer Mikhail Khodarenok kepada Russia Today (1/3/2019), mengatakan jatuhnya F-16 oleh MiG-21 —jika dikonfirmasi militer Islamabad— maka sepenuhnya kesalahan pilot Pakistan, bukan faktor pesawat tempurnya.

IAF (Angkatan Udara India) mengonfirmasi bahwa salah satu dari pesawat tempur MiG-21 miliknya menjatuhkan F-16 PAF (Angkatan Udara Pakistan) pada hari Kamis, dua hari setelah Pakistan mengklaim menembak jatuh dua jet tempur India ketika ketegangan terus meningkat antara dua kekuatan nuklir tersebut di wilayah Kashmir yang disengketakan.

“Laporan berita dari zona pertempuran sering mengandung ketidakakuratan atau disinformasi yang disengaja, tetapi itu tidak berarti bahwa MiG-21 tidak dapat mencapai F-16, meskipun kedua pesawat itu sepenuhnya dari generasi yang berbeda,” kata Khodarenok, yang merupakan pensiunan kolonel yang pernah bertugas di pasukan pertahanan rudal Rusia.

MiG-21 adalah pesawat jet tempur dan pencegat supersonik generasi ketiga, yang diperkenalkan ke militer Soviet pada tahun 1959. Sedangkan F-16 adalah pesawat tempur multirole supersonik generasi keempat, yang memasuki layanan Angkatan Udara AS hampir dua dekade kemudian .

Jelas, F-16 memiliki karakteristik yang jauh lebih maju, termasuk radius tempur 547 km, dibandingkan dengan MiG-21 yang memiliki radius tempur 370 km.

Namun, Khodarenok menjelaskan bahwa MiG-21 Bison yang digunakan oleh Angkatan Udara India adalah versi pesawat yang sebagian besar dimodernisasi.

“Sistem radar ‘Spears’ memungkinkan pelacakan pesawat musuh yang masuk pada jarak hingga 57 kilometer di depan dan hingga 30 kilometer di belakang. Ia dapat melacak delapan target pada saat bersamaan, dengan pencarian cepat dan penangkapan otomatis terhadap target yang diamati secara visual dalam mode pertempuran jarak dekat, yang diakhiri dengan penggunaan peluru kendali atau pun meriam,” katanya.

MiG-21 Bison memiliki rudal jarak jauh R-77 sebagai bagian dari arsenalnya. “Jadi MiG-21 bisa menembak jatuh F-16 dengan baik. Dan bisa melakukannya dengan mudah,” kata Khodarenok. “Selain itu, pesawat terbaik adalah yang memiliki pilot terbaik di dalam,” imbuh dia.

Kemarin, komandan Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut bersama-sama berbicara di konferensi pers dan mengungkapkan kebohongan Pakistan bahwa militer Islamabad tidak melibatkan F-16 dalam serangan balasan mereka yang menargetkan instalasi militer India pada hari Rabu. “Ada cukup bukti untuk menunjukkan F-16 digunakan dalam misi ini dan Pakistan berusaha menyembunyikan fakta ini,” kata wakil komandan IAF, Marsekal Udara RGK Kapoor.

Editor: (D.E.S)

Iklan

21 tanggapan untuk “Penjelasan MiG-21 India Bisa Jatuhkan F-16 Pakistan”

  1. Ini cuma Propaganda India..belum Ada buktinya kalau Ada F-16 yg ditembak jatuh oleh Mig-21 India. Yg jelas Mig-21 India sudah Ada yg ditembak jatuh dgn Pilotnya ditawan. Lancer Defense selama Ini sudah cukup baik bawa berita yg akurat. Sayang kok sekerang bawa berita yg ngk lebih dari propaganda India. Kenapa ngk sekaligus bawa berita yg propaganda Pakistan yg bilang J-17 mereka nembak jatuh Su-30 MKI ?..biar imbang sama2 Propaganda.

    Suka

  2. Masalahnya… malu dong kalau F-16 di tembak sama Mig-21 yang jelas sudah tua bangka… belum lagi rudal R-73 yang disinyalir digunakan untuk merontokan F-16… belum lagi urusan perizinan yang terkenal rumit dan bisa menjadi boomerang untuk penggunakan alutista USA… yang paling crusial memang India mengaku kok kalau kehilangan Mig-21 karena terlalu ngotot mengejar dan menembak jatuh F-16, sedangkan Pakistan dari awal mengaku kalau menembak 2 pespur India dan kehilangan satu pesawat yang kemudian tidak mengakui kehilangan pesawat tempur… bahkan terakir mengaku kalau JF-17 yang menembak jatuh Mig-21, sedangkan langkah lain adalah mengelak dari jejak rudal AMRAAM yang digunakan, bahkan sampai timbul reaksi dari Taiwan karena terseret dalam claim kepemilikan AMRAAM… Pakistan sangat inkosisten dan jelas mereka berusaha menyembunyikan sesuatu

    Suka

  3. Hadeh..Mana buktinya F-16 Pakistan jatuh..sekarang aja India akhirnya can bicarain AIM-120 sebagai bukti F-17 ara di konflik itu..tapi ngk ngomongin lagi nembak jatuh F-16.
    Cuma Media India Dan Fans Boy India Dan fand boy Rusia yg masih bilang F-16 ditembak hatuh..

    Itu foto2 media India yg nunjukin bangkai peswat jatuh sebagai F-16..malah kebukti itu bangkai Mig-21..
    Dua2nya lempar propaganda..Media Pakistan juga bilang kalau JF-17’nya nembak jatuh Su-30MKI..tapi sama seperti kasus India bilang F-16 jatuh..ngk Ada buktinya..

    Yg Ada bukti cuma Mig-21 jatuh ketembak..yg lain masih belum Ada bukti..

    Suka

  4. Tolinglah Lancer Defense..kalau masukin berita, yg sudah jelas2 terbukti. Kalau mau masukin berita propaganda India soal F-16 ditembak jatuh..kenapa ngk masukin juga berita propaganda Pakistan yg bilang Su-30 MKI juga ditembak jatuh.

    Masukin berita yg sudah terbukti, satu Mig 21 tertembak jatuh.
    Soal F-16 tertembak jatuh atau Su-30 tertembak jatuh masih belum Ada buktinya.

    Kalau India mau nunjukin bukti nembak F-16 atau Pakistan mau nunjukin bukti nembak Su-30, bisa kok nunjukin bukti video dari HUD pesawat yg nembak, atau bukti dari radar..itu yg dilakukan Nato atau Rusia ketika mereka nunjukin bukti sudah nembak pesawat sesuai Klaim.

    Tapi baik India Dan Pakistan skrg cuma bacot doang..Dan ngk bisa nunjukin bukti..
    Jadi kembali yg kebukti jatuh ketembak cuma satu Mig-21..

    Suka

  5. Didunia manapun media akan memberitakan semua informasi meskipun itu masih belum ada bukti otentiknya, bahkan pendapat pakar bisa dimasukan sebagai salah satu rujukan… yang penting selalu di sebutkan kalau memang berita itu belum benar2 terverifikasi dengan bukti yang benar2 valid… itu boleh dan sah sah saja…

    Masalahnya kenapa pula mengait2kan dengan Su-30MKI??? bahkan baik India maupun Pakistan tidak ada yang menyebutkanya dalam informasi, berbeda dengan Mig-21 dan F-16 yang disebutkan oleh pihak India maupun Pakistan… jika pesawat F-16 yang tertembak dan jatuh di wilayah Pakistan jelas itu menjadi hak pihak Pakistan untuk menyembunyikan atau mengakui. Dan pihak India jelas memiliki alasan tersendiri ketika membuat pernyataan bahwa mereka menembak F-16 jatuh, jelas India tidak sekedar mengaku atau propaganda saja…

    Dalam perang dimanapun sulit untuk bisa mendapatkan jejak bukti otentik karena kedua belah pihak ingin menyembunyikan fakta sesungguhnya tentu saja terkait kredibilitas dari kemampuan militer kedua negara atau kredibilitas dari alutista yang mereka gunakan.

    Bukti AIM-120 itu bukti penggunakan F-16 dalam konflik yang terjadi, itu sebagai bukti otentik kalau Pakistan menggunakannya dan bukan hanya JF-17. Sederhana, karena Pakistan menyangkal menggunakan atau menerjunkan F-16 dalam konflik yang terjadi padahal AIM 120 hanya bisa ditembakan dari F-16. Selama Pakistan menyangkal menerjunkan F-16 dalam konflik jelas saja Pakistan akan menolak menyatakan jatuhnya F-16, apalagi mereka tidak mengakui kehilangan pesawat tempur… dan India memiliki alasan tersndiri dengan keyakinan menembak jatuh pesawat Pakistan…

    Suka

    1. Media Pakistan yang bilang nembak Su-30MKI..makanya jangan baca yg Bahasa Indonesia aja..lihat forum dan media India dan Pakistan yg juga udah penuh dengan propaganda Dua pihak..Sono yg bilang ngk ada Su-30MKI, krn ente cuma mau denger propaganda yg ente suka aja..F-16 ketembak..Alias cuma mau denger Propaganda India aja..

      Makanya kalau suka denger propaganda..lihat propaganda dari Dua pihak..
      Ane bawa propaganda Su-30MKI ketembak..krn sama dg kasus F-16 ketembak..dua-duanya belum Ada bukti..

      Kalaupun Pakistan emang ngeluarin F-16 dlm konlik Ini (Ini juga belum kebukti..baru omongan India dg potongan AIM-120..(yg belum diverified sama Pabriknya sebagai potongan asli atau ngk)..India tetap ngk punya bukti sudah nembak satu..yg dari tadi dibicarain kan not ada bukti India udah nembak F-16

      Terima kenyataan kalau yg kebukti sekarang baru satu hal..Satu Mig 21 ketembak..itu aja..

      India Dan Pakistan sama2 tukang bacot..emang udah bawaan kelakuan tuh orang2 dari daerah Sono..makanya Harus hati2 denger bacotan mereka.

      Ane cuma bilang sama Lancer Defense hati2 nurunin berita baik dari India maupum Pakistan..Tulis yg udah kebukti.

      Kalau ente emang doyan dengerin berita yg belum Ada bukti alias Propaganda..silahkan aja..tapi sah dong kalau ane nambahin Ini berita belum Ada bukti..alias masih ngk lebih propaganda India..

      Suka

    2. Wkkwkkwkk..😃😃😃

      Mau menunjukkan bukti F-16 ditembak jatuh kok cuma puing rudal amraamnya saja, aneh…puing pesawatnya tidak difoto juga, jangan2 itu puing amraam yg menghancurkan mig-21 yg jatuh diwilayah india..😆

      Suka

      1. Skenario gagalnya akuisisi rudal AIM-120 (Opini Penulis)
        ============================================
        Profile AIM-120 adalah ketika dia gagal menemukan target pada saat phase terminal, maka AIM-120 akan switch ke mode autonomous/otomatis. Rudal akan jalan lurus ke depan sambil menyalakan radar aktifnya jika tidak menemukan target rudal dan bahan bakar rudal habis, maka rudal akan otomatis meledak.

        Pada saat Air Engagement antara Pakistan-India pada konflik Kashmir 27-28 Februari 2019. India menemukan AIM-120C-5 disebelah timur Rajouri.

        Ini menandakan bahwa AIM-120C-5 yg ditembakkan dari pesawat tempur Pakistan, gagal mengunci pesawat tempur India, dan melakukan mode autonomous/otomatis. Setelah berjalan menempuh beberapa kilometer setelah ditembakkan rudal ini otomatis meledak, walau begitu puingnya berhasil ditemukan oleh pihak India.

        — IDV 2019 —

        Suka

  6. https://amp-scroll-in.cdn.ampproject.org/v/s/amp.scroll.in/latest/915531/all-sukhoi-30-aircraft-engaged-in-combat-with-pakistani-jets-returned-safely-india?amp_js_v=a2&amp_gsa=1&usqp=mq331AQCCAE%3D#aoh=15519206041124&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fscroll.in%2Flatest%2F915531%2Fall-sukhoi-30-aircraft-engaged-in-combat-with-pakistani-jets-returned-safely-india

    Ini contoh claim dan counter claim di media dari Pakistan Dan India..Pakistan claim nembak Su-30 Dan India claim Su-30’nya balik semua..
    Sound familiar ?..he,he.. .krn ngk beda dg India claim nembak F-16 Dan Pakistan bilang ngk Ada F-16 yg jatuh..Dan semuanya masih Ada dlm inventory mereka..

    Kembali ane nunjukin Ini supaya hati-hati dg propaganda Dua pihak..

    Suka

  7. https://amp-scroll-in.cdn.ampproject.org/v/s/amp.scroll.in/latest/915531/all-sukhoi-30-aircraft-engaged-in-combat-with-pakistani-jets-returned-safely-india?amp_js_v=a2&amp_gsa=1&usqp=mq331AQCCAE%3D#aoh=15519206041124&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fscroll.in%2Flatest%2F915531%2Fall-sukhoi-30-aircraft-engaged-in-combat-with-pakistani-jets-returned-safely-india

    Ini contoh claim dan counter claim di media dari Pakistan Dan India..Pakistan claim nembak Su-30 Dan India claim Su-30’nya balik semua..
    Sound familiar ?..he,he.. .krn ngk beda dg India claim nembak F-16 Dan Pakistan bilang ngk Ada F-16 yg jatuh..Dan semuanya masih Ada dlm inventory mereka.

    Suka

  8. Terakhir..Ini dari NY times yg sebagai media kelas dunia..jurnalisnya sdh lebih kepegang..
    Gimana mereka ngelihatin konflik Ini..Dan gimana media India Dan Pakistan nyebarin berita yg belum ada bukti.. fabrication foto palsu..Dan adu propaganda..

    Jadi silahkan kalau mau percaya propaganda India nembak jatuh F-16..Silahkan juga kalau mau percaya propaganda Pakistan nembak jatuh Su-30..
    Tapi tolong Lancer Defense jangan ikut2an nyebarin berita yg belum kebukti..

    Suka

    1. Ni botjah ☝️🏻 (@antekberut) ngapa yak 🤷

      Nglarang-nglarang pihak lain memuat berita, sementara dirinya juga cuma modal berita kulakan 🤦🤦🤦

      Suka

  9. Yoi dua2nya bohong karena dua2nya sebenarnya punya gen yang sama yaitu suka bohong.

    Lagipula saya curiga kok tulisan nomor seri di kepingan rudal itu kok rapi bener nggak ada hangusnya, seperti habis disemprot cat pilox ya ?

    Pihak pembuat rudal yaitu Raytheon di Amrik juga diam seribu bahasa tidak menyangkal berita dan juga tidak mengiyakan. Sebabnya jika pihak Raytheon menyangkal akan menyakiti India sebagai sekutu strategis Amrik. Sedangkan jika Raytheon mengiyakan berita itu maka akan menyakiti pihak Pakistan sebagai pelanggan.

    Suka

  10. Jelas2 India mengakui kalau satu pesawatnya jatuh… dan itu benar adanya karena pilotnya juga ditangkap Pakistan… jelas2 dia adalah pilot dari Mig-21 yang jatuh, masak mau dibelokin dia bawa Su-30MKI yang jelas2 bersi tandem… kalau ketembak ya jelas ada dua orang yang eject dan ketangkap… sepele

    Yang pasti USA jelas dalam posisi dilematis, rudal AIM 120C hanya digunakan oleh Pakistan dan hanya bisa digunakan oleh F-16… sedangkan USA berusaha menjual versi lain dari F-16 yaitu F-21… kalau sampau USA rewel sama Pakistan jelas India akan memilih menjauh dari pespur USA karena mereka butuh pespur yang bisa digunakan sesuai kepentingan… sedangkan jika USA tidak bersikap kepada Pakistan maka kredibilitas mereka akan dipertaruhkan, mereka tidak lagi bisa mengendalikan alat yang mereka jual termasuk bisa untuk menyerang rekanan USA…

    Apapun itu Pakistan jelas tidak akan melepaskan begitu saja pilot India tanpa ada embel2… pasti salah satunya ya termasuk pespur apa yang mereka tembak… karena pilot ini sebagai saksi kunci dari apa yang terjadi…

    Suka

    1. Walah..Pilotnya udah dilepas sama tuh sama Pakistan..nunjukin Pakistan yakin ngk ada F-16’nya yg ketembak sama Pilot Indihe yg mereka sendiri tahan..

      Ente itu bisa baca ngk..Pilot yg jatuh itu dari Mig-21…ngk Ada yg bilang pilot yg jatuh itu dari Su-30
      Tapi diluar itu Pakistan claim nembak satu lagi pesawat yg Su-30..yg belum kebukti…
      Sama dg Indihe yg claim nembak F-16 yg sampe sekarang ngk kebukti..tapi kaya’nya ente udah yakin banget..😁😁

      Kok sekarang bilang Mig 21 dibelokin ke Su-30..kapan nulis gitu..bisa baca ngk sih ente..
      Soal Su-30 Ada dlm konflik udara itu..lah Indihe udah ngakuin kok..tapi ngk ngakuin kalau ada yg ketembak jatuh seperti claim Pakistan..
      Kan udah dibilang..ane bawa Su-30 mau nunjukin sama dg F-16..dua2nya ngk Ada bukti ketembak..ente aja yg belok2in

      Tapi sok lah kalau mau percaya sama berita kualitas Koran kuning dari media Indihe..

      Suka

  11. Buset si Antek Barat ga mau banget ini berita muncul.
    Lucunya kenapa harus di protes berita ini?
    Lupa kali ini orang jika suatu kejadian muncul banyak berita dari para saksi, militer setempat, dll muncul menjadi headline berita meskipun belum terverivikasi.

    Suka

  12. Iya bener… makanya jangan hanya baca berita berbahasa Indonesia… itu juga dibahas tentang artikel di The New York Times, karena mau seperti apapun media yang memuat tetap saja penulisnya menggunakan opini, dan bisa dengan mudah di lihat ada berpihak kemana penulis ini…

    India juga sudah membantah dan menyebutkan kalau Pakistan hanya ingin menutupi masalah keterlibatan F-16 dan jatuhnya pesawat mereka dengan menuduh Su-30 tertembak… dan itu jelas konyol karena secara actual yang tertembak adalah Mig-21 dan pilotnya tertembak, semakin Pakistan ngotot menjatuhkan Su-30 semakin tidak kredible pernyataan mereka tentang kejadian insiden yang terjadi, bahkan India sudah merilis menit2 terjadinya inisiden dan bahkan menyebutkan berapa pesawat tempur yang terlibat dari kedua belah pihak sampai terjadinya dog fight dan jatuhnya pesawat Pakistan dan India

    Pernyataan India konsisten pesawatnya jatuh satu dan pesawat Pakistan jatuh satu (F-16), sedangkan Pakistan ngotot kalau 2 pesawat tempur Mig-21 India tertembak jatuh dan pilotnya satu ditangkan satunya dikirim ke rumah sakit, dan salah satu dari pesawat itu adalah pesawat tempur milik Pakistans sendiri… pada akirnya Pakistan bahkan membantah melibatkan F-16 dalam insiden dan tidak ada pespurnya yang jatuh… India juga menyebutkan bagaimana beberapa AMRAAM digunakan dan dapat dihindari oleh Su-30 dan akirnya salah satunya ditemukan puing2nya… yang pada akirnya Media Pakistan membuat kontroversi dengan menunjukan kalau nomer seri tersebut penjualan AIM 120C dari USA – Taiwan, hingga Taiwan meradang karena tanpa tahu apa2 tiba2 di tuduh

    India secara konsisten dengan pernyataan yang menyebutkan jatuhnya pesawat tempur mereka yang ditembak jatuh karena mengejar dan menembak jatuh F-16 Pakistan, hal berbeda justru ditunjukan Pakistan dari mengaku menjatuhkan 2 pespur Inida, menangkap 2 pilot yang kemudian diralat, menyangkal penggunakan F-16, mengaku hanya menggunakan JF-17, padahal rudal yang di gunakan dan ditemukan puingnya adalah AIM 120C yang jelas tidak bisa di akomodir oleh JF-17, kemudian media Pakistan berusaha membelokan dengan mengaku menembak jatuh SU-30MKI yang jelas2 itu versi pilot tandem… semakin ngotot semakin terlihat kalau Pakistan berusaha menyembunyikan fakta sebenarnya

    Suka

  13. Belum lagi pernyataan Menteri pertahanan Pakistan yang menyatakan tidak tahu ada persyaratan dalam pembelian pespur F-16 dari USA… merasa membayar dengan cash keras untuk pembelian F-16 jelas Pakistan merasa memiliki hak untuk menggunakanya sesuai kepentingan mereka…

    Ini yang menarik, karena jika benar dan terbukti Pakistan menggunakan F-16 untuk menyerang India maka akan ditunggu reaksi yang dilakukan USA… dan itu jelas dilematis, seperti buah simalakama untuk USA sendiri, apalagi LM sebagai pembuat F-16 sedang gencar jualan F-21… jika sampai benar2 ada persyaratan penggunakan maka akan semakin memperkecil peluang mereka dalam kompetisi di India…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s