Anggota Komisi I DPR RI Ingin TNI Miliki Senjata Nuklir

Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon berharap kekuatan TNI setara dengan militer dunia. Seperti Korea Utara dan China di Asia, agar Indonesia disegani. Sebab, hanya dengan TNI yang kuat, negara akan dihormati dan disegani dunia.

“Saya berharap ke depan Presiden Jokowi memprioritaskan kekuatan TNI dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang canggih dan prajurit yang sejahtera,” tegasnya dalam forum legislasi ‘Quo Vadis TNI’ di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (12/ 3/ 2019).

Dilansir dari laman Senayan Post (12/ 3), Dia menyontohkan bagaimana segannya Presiden AS Donald Trump terhadap Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, dalam pertemuan di Vietnam pada 28 Februari 2019 lalu. Meski pertemuan itu tanpa hasil, tapi Donald Trump tetap datang dan hormat pada Kim Jong Un.

“Itu karena Korea Utara memiliki kekuatan nuklir. Kita ingin TNI mempunyai kekuatan nuklir. Tapi, dari beberapa kali uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di DPR, tak ada satu pun yang mempunyai program kekuatan nuklir itu,” kata Effendi

.Karena itu Effendi berharap, kalau Presiden Jokowi jika terpilih lagi bisa merealisasikan program kekuatan militer tersebut. Apalagi, sebelumnya akan mengalokasikan anggaran dari PDB sebesar 1,5 persen atau sekitar Rp 270 triliun, jika pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen.

“Setidaknya itu sudah 25 persennya dari anggaran militer China. Sehingga TNI bisa kuat dan kesejahteraan prajurit terpenuhi. Untuk itu pula agar tak ada lagi TNI yang melakukan kegiatan komersial pengelolaan limbah dan sebagainya,” katanya.

Hanya saja dilematisnya kata Effendi, pengelolaan keuangan TNI harus diperbaiki dan transparan. Sebab, sejak tahun 2009 hingga 2017 laporan keuangan TNI menurut BPK masih mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP), belum WTP (wajar tanpa pengecualian). Bahkan masih disclaimer (opini tidak menyatakan pendapat) nilainya ada yang Rp 8,7 triliun.

“Kita ingin posisi TNI itu ideal dan setara dengan kekuatan militer dunia. Karena itu dibutuhkan keberanian pemerintah membuat persenjataan nuklir,” pungkasnya.

Photo Ilustrasi: Agni-5 (NDTV)

Editor: (D.E.S)

Iklan

10 tanggapan untuk “Anggota Komisi I DPR RI Ingin TNI Miliki Senjata Nuklir”

  1. Hanud jarak menengah dan jauh saja dulu, banyak pilihan s300, s400 brahmos, dongfeng dll. Jangan cuma wacana, cita cita, angan angan. NASAM baru bisik2 teluk naga (malah menempatkan rudal shorad di gedung tinggi, klo perang ya sipil jadi sasaran) kemudian rudal mica saja masih setengah2, PKR kurang bertaring nakhoda ragam masih belum cukup bertaji (berhadapan dengan fregat/korvet buatan rusia milik vietnam di laut natuna tentu bukan lawan sebanding dalam melindungi laut dari pencuri), proyek SU35 ngambang, rudal yakhont pun sangat sangat minim jumlah nya, quantity rudal F16 & SU 27/30 juga pas pasan, T50 belum punya rudal dan radar. Ayo dong pemerintah lebih keras lagi dlm upaya meningkatkan pertahanan negara. Kita jauh tertinggal dari vietnam apalagi singapura (negri segede kutil yg tidak punya sumber daya alam tapi alutsista paling banyak dan modern) klo perlu ganti menhan & mentri perdagangan nya cari yg lebih ulet dan produktif

    Suka

  2. Bhahaha….ente pengen kita digangbang rame2.udehlah….nggak usah menghayal kejauhan ampe planet nemex.nuklir weapon…khusus bwat the five power.kita cukup apa yg ada saja.yg ada saja udeh setengah jungking ngurusinnya.

    Suka

  3. Ohoho….tidak semudah itu TNI pake senjata nuklir ferguso. Perkuat saja alutsistanya tapi tak perlu nuklir2 segala, malah muncul masalah nanti, mending nuklirnya dibuatkan PLTN

    Suka

  4. Bikin rudal jarak pendek, jarak menengah, jarak jauh dan icbm dulu yg canggih, bgt jg rudal2 psu dgn berbagai macam jarak. Dan jg roket utk memempatkan satelit pd orbit tertinggi.
    Baru deh kita pikirkan isian hulu ledaknya. Kt kan sdh punya reaktor nuklir riset sejak tahun 60-an. Tentunya kt sdh punya banyak ahli. Disamping itu katanya kita jg satu2nya negara yg mampu memproses uranium dgn teknologi bawah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s