Mantan Kepala Staf AU India Klaim Jet Tempur Rafale Bisa Hancurkan 12 Unit F-16 Pakistan

Pesawat Rafale yang juga buatan Prancis beraksi de deknya. Kapal Charles de Gaulle direnovasi dengan biaya 1,3 miliar euro atau di kisaran Rp 21 triliun. Reuters
Pesawat Rafale yang juga buatan Prancis beraksi de deknya. Kapal Charles de Gaulle direnovasi dengan biaya 1,3 miliar euro atau di kisaran Rp 21 triliun. (Reuters)

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara India (IAF), Marsekal Udara AY Tipnis mengklaim New Delhi bisa menghancurkan 12 jet tempur F-16 Pakistan selama pertempuran udara (dogffigt) bulan lalu jika memiliki armada jet tempur Rafale.

“Tujuan dari 24 jet tempur Pakistan adalah untuk menyerang Srinagar, pangkalan Awantipora. Jika India memiliki Rafale pada saat itu, IAF akan menghancurkan setidaknya 12 dari mereka. Rafale akan meningkatkan moral IAF,” kata Tipnis mengatakan pada pertemuan puncak keamanan New Delhi, hari Rabu.

Dilansir dari laman Sindonews (14/ 3), Tipnis merujuk pada pertempuran udara 27 Februari yang pecah antara India dan Pakistan setelah serangan bom bunuh diri 14 Februari terhadap konvoi polisi paramiliter India yang menewaskan lebih dari 40 personel. Serangan bom itu memicu serangan udara India terhadap target teroris di Kashmir yang dikontrol Pakistan.

Selama pertempuran udara, IAF mengklaim menembak jatuh satu jet tempur F-16 Angkatan Udara Pakistan, tapi juga kehilangan sebuah pesawat tempur MiG-21 Bison.

Pernyataan Tipnis itu muncul di tengah klaim oleh para pemimpin oposisi India tentang korupsi besar-besaran dalam kesepakatan pembelian 36 jet tempur Rafale Prancis untuk IAF. Kesepakatan dengan nilai kontrak USD8,7 miliar itu ditandatangani pada tahun 2016.

Awal pekan ini, pemerintah India mengklaim bahwa bocoran dokumen yang berkaitan dengan kesepakatan Rafale, yang diterbitkan oleh surat kabar The Hindu, tidak hanya melanggar ketentuan perjanjian dengan vendor tetapi juga membahayakan keamanan nasional.

Pemerintah menuduh bahwa dokumen-dokumen yang dilampirkan dalam petisi peninjauan oleh penggugat dan kemudian diakses dan diterbitkan oleh media, termasuk The Hindu, berisi informasi sensitif, termasuk yang terkait dengan kemampuan tempur pesawat.

Editor: (D.E.S)

Iklan

4 tanggapan untuk “Mantan Kepala Staf AU India Klaim Jet Tempur Rafale Bisa Hancurkan 12 Unit F-16 Pakistan”

  1. laah…india kan punya sukhoi mki yg mrk klaim trbaik diantara su27/30 varian lainnya….kok ngga disebut2?…dah gak pede lg ama mki yah..hahahah…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s