‘Keel Laying’ KAL 28 Meter Milik TNI AL di Galangan Kapal PT. Steadfast Marine Tbk

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII (Danlantamal XII) Pontianak Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W.D., M.Tr (Han) mendampingi kunjungan kerja Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal) Laksamana Muda TNI Moelyanto, M.Si (Han) beserta rombongan dalam rangka peletakan lunas (Keel Laying) KAL 28 Meter milik TNI Angkatan Laut bertempat di Galangan Kapal PT. Steadfast Marine Tbk. Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara, Kalimantan Barat, Jumat (15/ 3).

Dilansir dari laman Koarmada I (17/ 3), Sebelum melaksanakan kunjungan ke PT. Steadfast Marine Tbk., Aslog Kasal beserta rombongan didampingi Komandan Lantamal XII Pontianak berkunjung ke Mako Lantamal XII Pontianak yang baru diresmikan oleh Kasal bertempat di Wajok Kabupaten Mempawah. Kunjungan Aslog Kasal beserta rombongan disambut oleh Wadan Lantamal XII Pontianak Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E., beserta Perwira Staf Lantamal XII Pontianak.

Dalam kunjungan tersebut, Komandan Lantamal XII Pontianak menjelaskan tentang tahap-tahap pembangunan Mako, spesifikasi teknik (Spektek) Mako, Sarana dan Prasarana yang telah dimiliki oleh Mako Lantamal XII Pontianak yang baru, selanjutnya Aslog Kasal beserta rombongan meninjau ruangan-ruangan yang berada di dalam Mako dan dilanjutkan dengan melihat lebih dekat dermaga yang dimiliki oleh Lantamal XII Pontianak di Wajok.

Setelah kunjungan ke Mako Lantamal XII Pontianak di Wajok, Aslog Kasal beserta rombongan didampingi oleh Komandan Lantamal XII Pontianak melanjutkan kunjungan kerja ke PT. Steadfast Marine Tbk, diterima langsung oleh Komisaris Utama Marwoto dan Direksi Utama Rudi Kurniawan Logam beserta Staf.

peletakan lunas (Keel Laying) KAL 28 Meter milik TNI Angkatan Laut bertempat di Galangan Kapal PT. Steadfast Marine Tbk 1
Peletakan lunas (Keel Laying) KAL 28 Meter milik TNI Angkatan Laut bertempat di Galangan Kapal PT. Steadfast Marine Tbk. (TNI AL)

Diawali dengan paparan Company Profile PT. Steadfast Marine Tbk setelah itu dilaksanakan penandatanganan berita acara Keel Laying Pembangunan Kapal TNI Angkatan Laut KAL 28 Meter oleh Kadismatal Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur PT. Steadfast Marine Tbk. Rudi Kurniawan Logam dilanjutkan dengan peletakan lunas (Keel Laying) KAL 28 Meter yang ditandai pengelasan pertama rangka kapal dipimpin langsung oleh Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Moelyanto, M.Si (Han) dan Kepala Dinas Materiel TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo yang disaksikan oleh para undangan sebagai awal pembuatan kapal.

Dalam sambutanya Komisaris PT. Steadfast Marine Tbk Marwoto menyampaikan bahwa PT. Steadfast Marine Tbk sudah berdiri sejak tahun 2005 memproduksi kapal-kapal niaga pesanan dari pihak swasta.

Tahun 2015 PT. Steadfast Marine ikut terlibat dalam pembangunan Kapal-Kapal Negara dalam Program Tol Laut. Sejak tahun 2010, PT. Steadfast Marine mulai mengembangkan diri untuk pembangunan Kapal-Kapal Patroli dan Militer.

Saat ini PT. Steadfast Marine memiliki kemampuan untuk membangun Kapal-Kapal patroli dan Militer sampai dengan panjang 110 meter untuk Kapal Baja dan 60 meter untuk Kapal aluminium.

Sementara itu Kepala Dinas Materiel Angkatan Laut Laksamana Pertama Budi Sulistyo menyampaikan bahwa sesuai dengan perencanaan strategis TNI AL, pemenuhan alutsista merupakan prioritas penting dalam pembangunan kekuatan. Pembangunan KAL 28 Meter salah satunya merupakan realisasi dari perencanaan strategis, guna melengkapi kekuatan unsur-unsur yang telah ada dan sekaligus penegasan komitmen TNI AL dalam pemberdayaan industri dalam negeri.

Kepala Dinas Materiel Angkatan Laut Laksamana Pertama Budi Sulistyo juga menambahkan bahwa proses pembangunan kapal merupakan rangkaian kegiatan yang terencana dan spesifik, karena melalui tahapan-tahapan kegiatan, yang diawali dengan penentuan Operational Requirement (OpsReq), penentuan spesifikasi teknik (SpekTek), pembuatan desain sampai dengan tahapan pembangunan kapal itu sendiri. Keseluruhan proses kegiatan memiliki keterkaitan yang sangat erat, sehingga keterlambatan pada kegiatan tertentu akan berdampak pada pelaksanaan tahap kegiatan yang selanjutnya.

“Kegiatan Keel Laying menjadi momentum penting dalam pembangunan sebuah kapal perang, karena merupakan awal dari konstruksi kapal. Keel Laying atau peletakan lunas merupakan awal kelahiran sebuah kapal yang diawali dengan pembuatan rangka lunas”, tegas Kepala Dinas Materiel Angkatan Laut.

Photo: Peletakan lunas (Keel Laying) KAL 28 Meter milik TNI Angkatan Laut bertempat di Galangan Kapal PT. Steadfast Marine Tbk. (Berita Satu)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s