‘Jupiter’ Akan Tampil LIMA ’19

KSAU Marsekal Yuyu Sutisna mengatakan Jupiter Aerobatic Team akan mengikuti Langkawi Internasional Maritime and Aerospace Exhibition 2019 (LIMA ’19) di Malaysia pada 26-30 Maret 2019.

“Besok dia [Jupiter Aerobatic Team] akan berangkat memenuhi undangan dari Malaysia untuk melaksanakan air show di Langkawi,” kata Yuyu usai menyaksikan latihan terakhir Jupiter Aerobatic Team di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (19/3/2019).

Dilansir dari laman Tirto (19/ 03), Yuyu menilai ajang LIMA 2019 menjadi momentum yang tepat untuk menunjukkan kekuatan angkatan udara Indonesia.

“Jelas [ini cara untuk menampilkan kekuatan]. Ini adalah secara tidak langsung menampilkan sekelumit kemampuan angkatan udara,” kata Yuyu.

Pada umumnya, kata dia, angkatan udara yang besar memiliki aerobatic team untuk menunjukkan bukti kekuatan pertahanan militernya.

“Kita tahu angkatan-angkatan udara yang besar memiliki aerobatic team. Itu [menunjukkan] ini lho kemampuan kita. Kemampuan di aerobatic seperti ini. Berarti kemampuan di bidang lain kira-kira ya seperti ini lah [seperti] di bidang operasi udara dan lainnya,” ujar Yuyu.

Jupiter Aerobatic Team Indonesia menggunakan pesawat KT-1 Wong Bee buatan Korea Selatan. Selain untuk aerobatic team, pesawat itu juga digunakan sekolah instruktur.

Di luar Korea Selatan, kata Yuyu, Indonesia adalah negara pertama yang menggunakan KT-1 Wong Bee sebagai pesawat aerobatic.

Tambahan Tiga Unit KT-1 Wong Bee

“Dalam waktu dekat kami akan menambah pesawat ini [KT-1 Wong Bee] sebanyak 3 untuk menambah kekuatan, sehingga diharapkan kekuatan akan semakin lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan untuk latihan aerobatic maupun pendidikan,” kata dia.

KT-1 Wong Bee ini dikembangkan menjadi pesawat aerobatic karena memiliki kecepatan yang tidak terlalu tinggi sehingga bisa bermanuver dengan baik di udara. Selain itu, menurut Yuyu, pesawat ini digunakan karena biayanya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan pesawat jet.

Photo: Pesawat KT-1 Wong Bee Jupiter Aerobatic Team parkir di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta usai melakukan latihan, Selasa (19/3/2019). (tirto.id)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s