TCM Innovations Menjadi Perusahaan Pertama di Malaysia Yang Memasok CMS ke RMN

TCM Innovations Menjadi Perusahaan Pertama di Malaysia Yang Memasok CMS ke RMN (Bernama)
TCM Innovations Menjadi Perusahaan Pertama di Malaysia Yang Memasok CMS ke RMN (Bernama)

TCM Innovations Sdn Bhd, anak perusahaan T7 Global Bhd, menjadi perusahaan Malaysia pertama yang menyediakan sistem manajemen tempur (CMS) ke kapal Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (RMN).

Dilansir dari laman Berita Harian (28/ 03/ 2019), TCM Innovations adalah perusahaan patungan antara T7 Marine Sdn Bhd, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh T7 Global Bhd dengan Marine Crest Technology Sdn Bhd (MCT) dan C2C-DB Systems Pvt Limited, sebuah perusahaan dari India.

Ketua Global T7 Datuk Nik Hassan Thani Nik Hassan Thani mengatakan CMS saat ini sedang diinstal pada kapal KD Jebat yang diharapkan akan selesai tahun ini.

Dia mengatakan instalasi CMS mampu menggabungkan sensor dan senjata pada kapal KD Jebat untuk menggantikan sistem yang ada, yang telah digunakan selama 25 tahun.

“Kami telah memenangkan tender internasional dari Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd awal tahun ini melalui MCT untuk memasok dan menginstal CMS ini di KD Jebat.

“Ini adalah pertama kalinya sebuah perusahaan lokal diberi kesempatan untuk menginstal sistem pertempuran ini di kapal perang nasional. Sebelumnya, sistem yang digunakan adalah asing, kami berharap sistem ini akan selesai tahun ini termasuk tahap uji coba,” katanya.

Dia mengatakan ini ketika bertemu dengan kelompok pers NSTP setelah penandatanganan perjanjian pemegang saham antara T7 Marine, MCT dan Sistem C2C-DB hari ini.

Upacara disaksikan oleh Menteri Pertahanan Mohamad Sabu.

Berdasarkan perjanjian tersebut, T7 Marine akan menjadi pemegang saham mayoritas dengan 40 persen saham di TCM Innovations, sementara MCT dan C2C-DB masing-masing 30 persen.

Mengomentari lebih lanjut, Nik Norzrul Thani mengatakan keuntungan yang ditawarkan oleh CMS adalah mampu menawarkan penghematan finansial yang tinggi kepada pemerintah daripada sistem dari luar negeri.

“Ini untuk menghindari menghindari aliran dana dari Malaysia, serta menawarkan pekerjaan berpenghasilan tinggi kepada penduduk setempat di fasilitas kami di Balakong, Selangor.

“Sistem ini tidak hanya dapat dipasang di kapal perang angkatan laut, tetapi juga cocok untuk digunakan pada kapal milik lembaga penegak hukum lainnya serta untuk kapal pribadi,” katanya.

Pada acara yang sama, T7 Aero Sdn Bhd, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh T7 Global mengadakan perjanjian kerjasama dengan Beijing Aerospace Yilian Sains & Teknologi Development Co Ltd untuk membentuk kemitraan strategis.

Mengomentari hal itu, Nik Norzrul Thani mengatakan T7 Aero ditunjuk sebagai distributor eksklusif di Malaysia untuk memasok produk peralatan militer, drone, dan satelit.

“Perjanjian ini berakhir untuk jangka waktu tiga tahun,” katanya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s