Rusia Siap Barter Su-35 Atau Su-57E dengan Minyak Sawit Malaysia

Rusia berkomitmen untuk secara drastis meningkatkan pembelian minyak sawitnya dari Malaysia, ungkap seorang pejabat pengadaan senjata dan pertahanan.

Dilansir dari laman NST (29/ 3/ 2019), Pembelian minyak kelapa sawit akan memerlukan kesepakatan offset yang mengarah ke Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF), dimana RMAF menghentikan operasional dua skuadron jet tempur MiG-29N Fulcrum, yang berkekuatan 18 unit pesawat.

Rusia sudah membantu memperbaiki 18 armada Sukhoi Su-30MKM Flanker yang sudah tua, melalui mitra lokalnya ATSC Corp, senilai RM2,2 miliar – sehingga meningkatkan kemampuan servisnya selama 15 tahun lagi.

Dan sekarang, Rusia sedang mempertimbangkan untuk menawarkan Su-35 generasi keempat atau bahkan Su-57E terbaru (setara dengan F-22 Amerika Serikat) kepada RMAF.

Direktur kerjasama internasional dan direktur kebijakan regional Rostec State Corp, Viktor Kladov mengatakan kepada New Straits Times, Rusia bersedia membeli minyak sawit Malaysia dalam jumlah besar untuk meningkatkan neraca perdagangan bilateral, dengan kemungkinan pertukaran untuk pengadaan senjata dan pertahanan serta alih teknologi dan spin-off pekerjaan.

“Kami menyadari larangan minyak kelapa sawit untuk biofuel di Eropa dan Rusia selalu siap membantu Malaysia dengan membeli lebih banyak minyak sawit. Saat ini, 90 persen minyak sawit Rusia diimpor dari Indonesia dan kami bermaksud mengubahnya (sesuai keinginan Malaysia).

“Saya secara pribadi telah berbicara dengan Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad tentang masalah ini pada pertemuan pribadi dengannya kemarin, dan memuji dia atas visinya yang hebat. Ini dapat mengarah pada peningkatan paket penyeimbangan pertahanan yang dapat sangat menguntungkan Malaysia, ”katanya dalam sebuah wawancara khusus di pameran Maritim dan Aerospace Internasional Langkawi (Lima) 2019 di Pusat Pameran Internasional Mahsuri di Padang Matsirat.

Eropa adalah pembeli terbesar minyak kelapa sawit Malaysia setelah India dan sekarang bahkan Cina telah mengurangi impor komoditas tersebut.

Photo: Jet tempur Su-35 and Su-57 (AP)

Editor: (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “Rusia Siap Barter Su-35 Atau Su-57E dengan Minyak Sawit Malaysia”

  1. Dah….rusia mending berbisnis aja dengan malaysia soale kalo sama kita mah lelet 🙆

    Kesebelah aja dah yg sama-sama doyan ngentit duit 🤦🤦🤦

    Suka

  2. Saat ini, 90 persen minyak sawit Rusia diimpor dari Indonesia dan kami bermaksud mengubahnya (sesuai keinginan Malaysia).

    Tricky nih si Ruskie
    Statement kaya gitu mau doble doble untung dia, 1 kali aksi 2 3 keuntungan didapat. Yg namanya adikuasa sama aja licik

    Suka

  3. komoditi yang ditawarkan terlalu banyak sih …. coba cpo sawit dan karet saja ….. memang baik kalau banyak komoditi yang ditawarkan; sekarang perlu percepatan karena kebutuhan pespur pengganti F-5 tiger sudah sangat mendesak ….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s