S-300 Dilaporkan Gagal Jatuhkan Jet Tempur F-35 Israel

Sistem pertahanan rudal S-300 Rusia. Sputnik
Sistem pertahanan rudal S-300 Rusia. (Sputnik)

Militer Suriah dilaporkan mengaktifkan sistem rudal S-300 Rusia selama jet tempur F-35 Israel membombardir wilayah Aleppo pekan lalu. Namun, senjata pertahanan Moskow itu disebut tidak mampu mendeteksi apalagi menembak jatuh jet tempur siluman buatan Amerika Serikat tersebut.

DEBKAfile, situs berita intelijen dan keamanan Israel, melaporkan hal itu dalam laporannya. Namun, Suriah, Rusia maupun Israel belum berkomentar atas laporan tersebut. Jet-jet tempur menggempur Aleppo pada Maret lalu dengan klaim menargetkan aset-aset militer Iran.

“Pada malam 27 Maret, Angkatan Udara Israel meluncurkan serangan udara ke sasaran di pinggiran Aleppo, Suriah, menggunakan pesawat tempur F-35. Sistem pertahanan udara Suriah dan, khususnya, sistem rudal pertahanan udara yang dikembangkan Rusia tidak dapat memperbaiki pendekatan mereka, dan terlebih lagi, untuk menjatuhkan target udara,” bunyi laporan tersebut yang dikutip Sabtu (6/4/2019).

“Berdasarkan data pendekatan Israel untuk mengebom target, serta kemampuan teknis radar S-300 Rusia, dapat disimpulkan bahwa jet-jet tempur Israel dengan percaya diri tidak memasuki zona deteksi dan, bahkan lebih, menghindari sistem SAM,” lanjut laporan tersebut, yang menambahkan bawa pesawat tempur F-35 dalam serangan itu dilengkapi dengan bom terpandu, GBU-39, sebagaimana dilansir dari laman Sindonews (7/ 4/ 2019).

Laporan lain dari situs Avia.Pro lebih kritis lagi dengan menuduh sistem rudal S-300 buatan Rusia yang dioperasikan militer Suriah gagal melacak pesawat tempur Israel.

“Meskipun gagal melindungi wilayah udara Suriah, Kementerian Pertahanan Federasi Rusia belum menjawab mengapa radar yang sama untuk S-300 Suriah tidak dapat mendeteksi pesawat Israel,” klaim publikasi tersebut, mengutip para ahli militer.

Laporan itu juga meremehkan teknologi militer Rusia di Pangkalan Udara Khmeimim, di barat daya Latakia, tidak dapat melacak pesawat tempur Israel.

Kendati demikian, seorang sumber militer Suriah mengatakan kepada Al-Masdar tak lama setelah serangan pekan lalu bahwa unit pertahanan udara Damaskus hanya menggunakan sistem rudal S-200, bukan S-300, untuk mencoba mengusir serangan Israel.

Menurut sumber tersebut, Suriah memang memiliki sistem pertahanan udara S-300 buatan Rusia, namun personel militernya masih menjalani pelatihan untuk menggunakannya dalam operasi yang berhubungan dengan pertempuran.

Editor: (D.E.S)

Iklan

4 tanggapan untuk “S-300 Dilaporkan Gagal Jatuhkan Jet Tempur F-35 Israel”

  1. Seperti halnya dulu… menyatakan F-35 sudah melanglang buana sampai Iran tanpa Refueling dan tanpa terdeteksi…
    Avia Pro… isi artikelnya saja tidak detail, tidak ada sumber data atau sumber informasi… bagaimana mereka tahu S-300 aktif dan dioperasikan oleh Suriah??? S-400 Russia tidak pernah menarget Israel bahkan tidak pernah menarget USA…
    Dalam serangan rudal koalisi sekalipun Russia hanya membantu Suriah menghadang rudal yang ditembakan, begitupun dalam kasus Il-20… lalu mengapa tiba2 Israel menyatakan F-35 tidak ditembak jatuh???

    Suka

  2. Operator s-300 seharusnya meng install gugel.
    Jadi mereka tahu posisi F-35 ada dimana πŸ˜‚
    Tinggal tunggu si gugel ngomong F-35 berada dalam jangkauan, tembak tembak tembak πŸ˜‚πŸ˜‚

    Suka

  3. Yang hebatnya ada yg bilang sebelum take off pespur israel bakal ditembak jatuh oleh s300 wkwkkwkk

    Stealth coy jaman sekarang mah,ruang udara kita juga bakal diobok” f35 ausi dan sing. Eh ada yg blg tenang kan cm lewat,masa damai iya cm lewat tp data sdh diserap tetangga yg suatu saat membuat proxy dan bikin gaduh negara,klo masuk zona war baru tuh keluar stealth sambik mjg referendum papua

    Siapa itu ketawa…seneng ya lucu kalo pertahanan lemah xixixixi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s