Permintaan Indonesia untuk Menurunkan ‘Sharing’ Program Jet Tempur KF-X/ IF-X dari 20 Persen ke 15 Persen

Menko Polhukam Wiranto menerima kunjungan kehormatan Menteri Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan, Wang Jong Hong di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta.

Dilansir dari laman polkam.go.id (11/ 04/2019), Pertemuan tersebut membahas kerja sama industri pertahanan antara Indonesia dengan Korea.

“Ini merupakan pertemuan yang sangat penting untuk saya karena Menteri DAPA ini menteri yang memang mengurus masalah industri-industri pertahanan, kelanjutan pertemuan saya di Korea Selatan pada pertengahan Maret yang lalu, saya kan membawa misi untuk renegosiasi tentang kerja sama pembuatan pesawat terbang KFX, pesawat jet tempur. Sementara kita sudah mengajukan satu poin-poin penting yang harus dikembangkan dalam renegosiasi itu dan sekarang sedang dikaji pemerintah Korea Selatan,” ujar Wiranto, Kamis (11/4/2019).

Selain itu, kata Menko Polhukam, kunjungan Menteri DAPA sebetulnya bukan hanya untuk urusan itu tetapi justru urusan untuk kerja sama yang lain yakni pembuatan kapal selam tahap kedua. Rencananya besok beliau akan ke Bandung untuk menandatangani mengenai kerja sama pembuatan kapal selam Korea-Indonesia.

“Tapi sekaligus tadi kita bicarakan mengenai bagaimana penyelesaian kerja sama untuk pembuatan pesawat tempur. Tadi disampaikan bahwa permintaan Indonesia untuk menurunkan sharing dari 20 persen ke 15 persen sedang dikaji oleh pemerintah Korea Selatan karena itu merupakan bagian dari kebijakan Menteri Keuangan, sekaligus juga menyangkut masalah-masalah lain di mana harus juga ada persetujuan parlemen. Sehingga seperti di Indonesia, tidak kemudian mereka dengan mudah memutuskan tapi harus minta persetujuan ke pihak-pihak lain,” kata Menko Polhukam.

“Tapi pemerintah Korea Selatan juga sangat ingin kerja sama ini dilanjutkan sehingga juga akan berjuang untuk memenuhi keinginan pemerintah Indonesia,” sambungnya.

Photo: KF-X/ IF-X (Angkasa Review)

Editor: (D.E.S)

Iklan

10 tanggapan untuk “Permintaan Indonesia untuk Menurunkan ‘Sharing’ Program Jet Tempur KF-X/ IF-X dari 20 Persen ke 15 Persen”

  1. “Tapi pemerintah Korea Selatan juga sangat ingin kerja sama ini dilanjutkan sehingga juga akan berjuang untuk memenuhi keinginan pemerintah Indonesia,” sambungnya.

    Kalo mau nurunin kontribusi dari 20% ke 15% mah silahkan aja, pihak KFX korea jg bakal dengan senang hati melanjutkan kerjasama sama Indonesia asal…..gak minta macem2 kek kemaren itu pake minta hak ekspor lahh…minta hak intelektual yg lebih banyak lahh…. -_-

    Agak kasian jg sih sama orang koreanya kalo kerjasamanya seenak jidat Indonesia yg pengen untung banyak tp kontribusi dikit :v

    Suka

    1. Jiah kasian sm negara lain, klo sy mah jng diturunin tp tetap 20% atau naikkan jd 30% cm minta tot rudal aim 120c amraam

      Xixixii mabok” dah

      Suka

    1. Gripen… teknologinya gado2… masuk kategorinya pespur ringan, mending F-16 sekalian daripada Gripen… Bahkan Gripen belum memiliki rekam jejak terlibat dalam operasi militer di era perang modern…

      Suka

  2. Mau turunin jadi 15% silahkan..asao tahu diri aja..kalau sudah turun…pemerintahnya sini jgn habis itu minta scope kerja DI minta dinaikan. Kalau cuma 20%-15%..yah DI kenagian kerja ngerakit aja sdh bagus.

    Kalau udah minta turun..terus masih minta lisensi penuh hak jual..ealah Ini may Cari alasan keluar.. pemerintahan sekarang Makin kelihatan ngk dukung proyek KFX/IFX Ini..mungkin krn lihat Ini proyek SBY..

    Suka

      1. Ya gak mungkin dikabulin lah bambanx orang indonesia minta banyak hak ,sedangkan kewajiban bayar aje sering telat dan tertunggak . Apalagi ini mau turun partisipasinya wkwk

        Suka

    1. Dikit-dikit kok bawa-bawa nama sang mantan….emang pemerintah sekarang juga harus nerusin gali-gali piramid digunung padang 🤦🤦🤦

      Simple aja, kalo programnya baek dan masih relevan ya diterusin, tapi kalo banyak mudarotnya ya tinggal di stop 🤷

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s