Kemenhan Dapat Alokasi Anggaran Terbesar 126,9 T dalam RAPBN 2020

Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2020, Kementerian Pertahanan tercatat memperoleh alokasi anggaran terbesar, yakni sebesar Rp 126,9 triliun.

Dilansir dari laman Tempo (30/ 04), Berdasarkan pos kementerian dan lembaga, pagu indikatif anggaran belanja untuk Kementerian Pertahanan tercatat paling besar. “Pada 2020, Kemenhan bakal memperoleh anggaran sebesar Rp 126,9 triliun,” seperti dikutip dari pemaparan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Bappenas, Bambang Brodjonegoro, dalam acara Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 30 April 2019.

Angka itu naik bila dibandingkan dengan alokasi anggaran pada 2019 sebesar Rp 106,1 triliun. Adapun pada 2018, belanja pertahanan negara mencapai Rp 107,7 triliun. Meski demikian, anggaran Kementerian Pertahanan tetap tercatat menjadi yang paling tinggi untuk beberapa tahun terakhir.

Alokasi anggaran untuk Kementerian Pertahanan digadang-gadang dibelanjakan untuk berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) beserta perawatannya. Sedangkan lainnya dipakai untuk biaya operasional hingga sarana-prasarana di area-area remote, seperti di pangkalan militer Sorong, Papua.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pemerintah anggaran belanja kementerian dan lembaga pada 2020 sebesar Rp 854 triliun. “Kebutuhan negara sangat banyak, resource terbatas. Kita harus tetapkan yang jadi prioritas,” ujarnya.

Selanjutnya, negara menggelontorkan anggaran belanja untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebesar Rp 103,9 triliun. Pos ini juga tergolong menduduki belanja paling besar, sama seperti dua tahun sebelumnya. Pada 2018, PUPR memperoleh anggaran Rp 107,4 triliun. Sedangkan pada 2019 mencapai Rp 102 triliun.

Pemerintah kemudian akan mengucurkan dana Rp 89,7 triliun untuk Polri pada 2020. Sedangkan dua tahun sebelumnya, berturut-turut mulai 2018, pemerintah menggelontorkan anggaran Rp 95 triliun dan Rp 76,9 triliun.

Photo: Peter Willemoes (F362) (MKFI)

Editor: (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “Kemenhan Dapat Alokasi Anggaran Terbesar 126,9 T dalam RAPBN 2020”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s