AS Kerahkan Kapal Induknya di Dekat Iran

USS Ronald Reagan (bawah), USS Kitty Hawk, (tengah), USS Abraham Lincoln (atas). (istimewa)
USS Ronald Reagan (bawah), USS Kitty Hawk, (tengah), USS Abraham Lincoln (atas). (Istimewa)

Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton mengaku, AS sedang mengerahkan kelompok kapal induknya di dekat Iran, untuk mengirim pesan ke Iran.

Dilansir dari laman Sindonews (6/ 5/ 2019), Bolton mengatakan pada hari Minggu, bahwa AS mengerahkan kelompok kapal perang induk dan satuan tugas pembom ke wilayah Timur Tengah untuk mengirim pesan yang jelas kepada Iran bahwa setiap serangan terhadap kepentingan Washington atau sekutunya akan bertemu dengan Kekuatan tak henti-hentinya.

John Bolton juga menekankan bahwa, Washington tidak mencari perang dengan Iran tetapi siap untuk menanggapi setiap serangan dari Teheran.

“Menanggapi sejumlah indikasi dan peringatan yang merisaukan dan meningkat, Amerika Serikat mengerahkan USS Abraham Lincoln dan satuan tugas pembom ke wilayah Komando Sentral AS untuk mengirim pesan yang jelas dan tidak salah kepada rezim Iran bahwa setiap serangan terhadap kepentingan Amerika Serikat atau pihak sekutu kita akan ditanggapi dengan kekuatan yang tak henti-hentinya,” kata Bolton dalam sebuah pernyataan yang dikutip di Sputnik, Senin (06/05/2019).

Komando Pusat Amerika Serikat hadir di Timur Tengah, termasuk Mesir di Afrika, dan Asia Tengah, terutama Afghanistan dan Irak. Pasukannya adalah peserta aktif dari banyak kampanye militer di wilayah tersebut.

Hubungan yang tegang lama antara Iran dan AS memburuk pada Mei 2018, setelah Washington secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Sejak itu, AS telah menampar Iran dengan beberapa putaran sanksi keras, termasuk pembatasan energi yang bertujuan untuk menurunkan ekspor minyak Iran ke nol untuk melumpuhkan ekonomi negara itu.

Iran telah memperingatkan bahwa segala upaya langsung oleh AS atau negara lain untuk menghentikan negara dari mengekspor minyaknya dapat menyebabkan penutupan Selat Hormuz, jalur air strategis yang dilalui sekitar 20 persen dari total pasokan minyak dunia lewat.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s