India Terima Helikopter Serang Apache Guardian Pertama

First Of 22 Apache Guardian Helicopters Formally Handed Over To IAF At Boeing Facility In Arizona
First Of 22 Apache Guardian Helicopters Formally Handed Over To IAF At Boeing Facility In Arizona. (Istimewa)

Satu unit helikopter serang Apache Guardian resmi diserahkan kepada Angkatan Udara India (Indian Air Force/ IAF). Penyerahan helikopter serang itu dilakukan dalam sebuah upacara yang digelar di fasilitas produksi Boeing di Mesa, Arizona, Jumat (10/05/2019).

Dilansir dari laman Kompas (11/ 05/ 2019), pengiriman Apache Guardian pertama diharapkan untuk dapat dilakukan pada bulan Juli mendatang.

Helikopter serang buatan AS tersebut akan menjadi yang pertama dari jenisnya yang dimiliki India dan diharapkan akan meningkatkan kemampuan persenjataan pertahanan negara itu.

India selama ini telah mengoperasikan helikopter tempur buatan Rusia Mi-35 dan akan digantikan dengan Apache buatan AS. Berbeda dengan Mi-35 yang dirancang untuk mampu mengangkut pasukan ke wilayah yang dipertahankan, helikopter serang Apache yang dikendalikan oleh dua pilot mampu melancarkan serangan dalam pertempuran taktis.

“Penambahan helikopter AH-64E(I) adalah sebuah langkah signifikan menuju modernisasi armada helikopter Angkatan Udara India,” kata kementerian pertahanan India dalam pernyataannya.

Helikopter Apache yang dipesan India telah disesuai dengan persyaratan IAF dan memiliki kemampuan yang signifikan untuk misi di medan pegunungan.

Helikopter tersebut akan dilengkapi sistem laser dan inframerah untuk operasi siang maupun malam, serta dipersenjatai dengan rudal udara-ke-permukaan, Hellfire, roket 70 milimeter, dan meriam otomatis.

“Helikopter Apache tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan serangan presisi pada jarak standoff dan beroperasi di wilayah udara yang bermusuhan dengan ancaman dari darat.” “Selain itu, helikopter ini mampu untuk mengirim dan menerima gambar medan perang ke dan dari sistem senjata melalui jaringan data, menjadikannya akuisisi yang mematikan,” kata kementerian.

“Helikopter serang ini juga akan memberikan keunggulan signifikan dalam operasi bersama di masa depan dalam mendukung pasukan darat” tambah pernyataan tersebut.

Untuk menunjang operasional penggunaan helikopter, awak pesawat dan darat dari militer India telah menjalani pelatihan khusus di pangkalan Angkatan Darat AS Fort Rucker, Alabama. Para personel yang terlatih tersebut nantinya akan memimpin operasionalisasi armada Apache di Angkatan Udara India.

India telah memesan sebanyak 22 unit helikopter serang AH-64E Apache Guardian dari AS dalam kesepakatan senilai 1,4 miliar dolar AS yang ditandatangani pada September 2015.

Kesepakatan tersebut sebagai tambahan untuk pemesanan 15 unit helikopter Chinook CH-47F yang dibeli India sebelumnya. Sebanyak empat unit helikopter tersebut telah resmi menjadi bagian dari IAF awal tahun ini.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s