Amerika Serikat Tangkap Warga Negara Rusia Pembeli Manual F-16

F-16
F-16 (Istimewa)

Kremlin memprotes penangkapan seorang pria Rusia oleh otoritas keamanan Amerika Serikat (AS) karena membeli manual pesawat tempur F-16 di eBay untuk membuat simulator penerbangan. Pria bernama Oleg Tishchenko itu ditangkap setelah diekstradisi oleh Georgia, negara tempat dia ditangkap pertama kali.

Dilansir dari laman Sindonews (16/ 05), Tishchenko dikenai tuduhan pelanggaran undang-undang ekspor senjata AS.

Pria 42 tahun itu adalah seorang pengembang perangkat lunak. Dia pada awal tahun ini diekstradisi dari Georgia ke AS. Georgia—negara pecahan Soviet—menangkapnya dengan surat perintah Amerika Serikat saat menghadiri festival dansa.

Dia sekarang ditahan di penjara Utah sebelum menjalani sidang yang dijadwalkan digelar akhir tahun ini.

Tishchenko mengatakan dia membeli manual jet tempur F-16 di eBay untuk membantu mengembangkan simulator penerbangan ultra-realistis. Dia telah didakwa dengan lima pelanggaran, termasuk penyelundupan, berkonspirasi melawan Amerika Serikat, dan melanggar Undang-Undang Kontrol Ekspor Senjata AS.

Dia juga tertarik untuk mendapatkan manual untuk pesawat militer AS yang lebih canggih lainnya seperti pesawat tempur multi-peran F-35. Pengakuan itu muncul dalam pernyataan tertulis yang dia buat untuk mendukung permintaan ekstradisi Georgia ke AS.

Kasus ini berpotensi memperburuk hubungan AS-Rusia yang sudah rusak terkait perbedaan kebijakan luar negeri masing-masing mulai dari krisis Ukraina, Suriah hingga krisis Venezuela.

Kedutaan Besar Rusia di Washington mengatakan pada hari Rabu (15/05/2019) bahwa ada kemungkinan bahwa Tishchenko telah di-set up oleh otoritas AS.

“Ada tanda-tanda dalam kasus ini tentang provokasi oleh badan intelijen AS,” kata kedutaan tersebut dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s