Irak Berencana Beli S-400 Rusia

S-400 (Anadolu Agency)
S-400 (Anadolu Agency)

Duta Besar Irak untuk Rusia, Haidar Hadi mengataka, Baghdad telah memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia. Namun, dia mengatakan tanggal pasti pembelian belum ditentukan.

“Adapun S-400, tidak ada peta jalan yang akan menetapkan tanggal pasti dan menentukan bagaimana kita harus bergerak menuju ini (membeli S-400). Pemerintah Irak telah membuat keputusan ingin membeli rudal ini,” ucap Hadi, sebagaimana dilansir dari laman Sindonews (16/05).

Ketika ditanya tentang kemungkinan langkah Washington untuk menghalangi pembelian, Hadi mengatakan ada saluran diplomatik yang relevan untuk menyelesaikan masalah semacam ini dengan orang Amerika Serikat (AS).

Seperti diketahui, sebelumnya pembelian S-400 telah memicu konflik antara Turki dan AS. Di mana para pejabat AS telah berulang kali memperingatkan pemerintah Turki untuk membatalkan pembelian S-400.

Washington mengancam akan menghentikan penjualan jet tempur siluman F-35 kepada sekutu mereka di Timur Tengah itu dan menghentikan dukungan manufaktur untuk pesawat tersebut. Pentagon mengklaim bahwa S-400 tidak kompatibel dengan peralatan NATO dan menuduh bahwa sistem pertahanan udara itu menimbulkan ancaman bagi F-35.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Irak Berencana Beli S-400 Rusia”

  1. Duta Besar Irak untuk Moskow Aydar Mansur Hadi mengatakan dalam sebuah konferensi pers di ibu kota Moskow bahwa negaranya menginginkan perusahaan-perusahaan Rusia meningkatkan investasi di Irak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s