HMAS Canberra Tiba di Jakarta

Kapal perang Angkatan Laut Australia dari kelas Canberra, HMAS Canberra (LHD-02), kapal perang terbesar negara benua itu, tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu.

Dilansir dari laman Antara (18/ 05/ 2019), HMAS Canberra menjadi fokus perhatian dari kunjungan muhibah Gugus Tugas Indo-Pacific Endeavour 2019 Angkatan Bersenjata Australia ke Indonesia kali ini.

Dengan ukurannya yang cukup gigantis untuk ukuran Pelabuhan Tanjung Priok, kapal perang di kelas landing helicopter dock —dengan arsenal utama helikopter atau pesawat tempur berkemampuan lepas-landas dan mendarat secara vertikal alias VTOL— kapal perang ini menjadi penjuru utama misi kunjungan muhibah ini.

Di dalam daftar arsenal NATO, pesawat tempur yang memiliki kemampuan itu di antaranya adalah British Aerospace Harrier II atau McDonnel Douglas AV-8B Harrier II atau Lockheed Martin F-35B Lighting II. Australia memesan F-35A untuk Angkatan Udara Australia yang tidak dirancang memiliki teknologi VTOL.

Di dalam lambung kapal perang berukuran panjang 230,85 meter dan tinggi 32 meter serta bobot sarat 33.000 ton namun draft (bagian kapal yang terbenam di bawah permukaan air) cuma tujuh meter ini turut serta Kepala Staf Angkatan Laut Australia, Laksamana Madya Michael Noonan, dan Komandan Gugus Tugas Gabungan Indo-Pacific Endeafour 2019, Marsekal Pertama Rick Owen.

Sementara mereka merapat, sudah menunggu di dermaga, KSAL Laksamana TNI Siwi Adjie dan sejumlah pimpinan satuan utama TNI AL serta Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan. Mereka kemudian saling memberi penghormatan, berjabat tangan dan berfoto bersama di darat.

Sebagai flag ship dalam misi itu, HMAS Canberra diiringi dua kapal lagi, yaitu kapal perang dari kelas fregat berpeluru kendali HMAS Newcastle (FFG 06) dan HMAS Success (OR 304) yang berfungsi sebagai kapal pendukung, namun tidak berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok.

Gugus Tugas Gabungan Indo-Pacific Endeavour 2019 ini telah berlabuh sebelumnya di India, Sri Lanka, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Sesudah Jakarta, mereka akan kembali ke kota pangkalannya di Sydney.

Photo: HMAS Canberra Tiba di Jakarta (Antara)

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “HMAS Canberra Tiba di Jakarta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s