Indonesia Kembalikan Kemampuan Rudal pada KCR-60M

Setahun lebih setelah menurunkan peluncur rudal dari dua fast attack craft (FAC) KCR-60M, kini Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) mengembalikan kemampuan kapal-kapal ini.

Masalah ini telah dikonfirmasikan kepada Jane (17 Mei 2019) oleh anggota awak senior KRI Tombak (629), yang berlabuh di RSS Singapura – Pangkalan Angkatan Laut Changi untuk pameran IMDEX 2019, yang diadakan di Singapura dari 14 hingga 16 Mei 2019.

KRI Tombak – 629 adalah salah satu dari dua KCR-60M yang ambil bagian dalam acara tersebut, sedangkan yang satunya adalah KRI Halasan (630).

Dimulai pada akhir 2017, galangan kapal milik negara Indonesia, PT PAL, memindahkan peluncur rudal yang dipasang secara diagonal di KRI Tombak (629) dan KRI Sampari (628) sebagai bagian dari upaya merekonstitusi kelas tersebut.

Kapal-kapal itu kemudian dipasang dengan Type 630 close-in weapon system (CIWS) turret buatan China di atas tumpuan di posisi buritan di mana RHIB dulu diposisikan.

Pengaturan CIWS Type 630 di Sampari dan Tombak mencakup Type 347G ‘Rice Bowl’ short-range fire-control radar dan konsol penembakannya, SR47B air-and-surface search dan gun-target indication radar, yang telah diintegrasikan dengan sistem identifikasi teman atau lawan (identification friend-or-foe system).

KRI Tombak - 629 mengadakan uji coba tracking dan penembakan meriam 30 mm dengan type gun NG-18. 6 Barrel. 30 mm Naval Gun buatan China. (Koarmada II)
KRI Tombak – 629 mengadakan uji coba tracking dan penembakan meriam 30 mm dengan type gun NG-18. 6 Barrel. 30 mm Naval Gun buatan China. (Koarmada II)

Menanggapi permintaan klarifikasi dari Jane, seorang pejabat PT PAL menegaskan bahwa KRI Tombak – 629 sekarang telah dipasang dengan peluncur rudal aslinya, tetapi pada posisi yang sedikit berbeda di bagian belakang.

Dia menjelaskan bahwa senjata ini belum menjalani evaluasi di posisi barunya, atau untuk diintegrasikan ke dalam sistem tempur kapal yang lebih luas.

Photo: Two KCR-60M vessels, Tombak and KRI Halasan, at RSS Singapura – Changi Naval Base for the 2019 IMDEX exhibition. (IHS Markit/ Ridzwan Rahmat)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s