Peluncuran LHD “Trieste” Angkatan Laut Italia

Upacara peluncuran LHD atau Landing Helicopter Dock “Trieste” berlangsung hari ini (25 Mei 2019) di galangan kapal Fincantieri, Castellammare, Stabia, dihadapan Presiden Republik Italia Sergio Mattarella.

Dilansir dari laman Naval News (25 Mei 2019), Kapal amfibi multirole dan multipurpose ini dirancang sejak awal sebagai unit modular yang fleksibel dan serbaguna, serta didesain dengan dampak lingkungan yang rendah.

Ini adalah LHD yang mampu mengerahkan pesawat terbang, kendaraan dan peralatan amfibi, mengandalkan dek penerbangan dan a floodable basin yang terletak di buritan kapal.

Unit baru akan dikirim pada tahun 2022 dan berada dalam program peningkatan kemampuan pertahanan maritim angkatan laut, yang disetujui oleh Pemerintah Italia dan Parlemen dan dimulai pada Mei 2015 (“Hukum Angkatan Laut”).

Unit “Trieste” akan diklasifikasikan oleh RINA Services sesuai dengan konvensi internasional.

Karakteristik LHD

Platform memiliki panjang 214 meter dengan kecepatan maksimum 25 knot.

Unit akan dilengkapi dengan sistem propulsi COmbined Diesel eLectric Or Gas (CODLOG) dan sistem propulsi listrik tambahan yang akan digunakan untuk berlayar pada kecepatan rendah, sejalan dengan kebijakan lingkungan Angkatan Laut Italia (“Armada Hijau”).

Berkat karakteristiknya dalam hal sistem konstruksi dan senjata, LHD “Trieste” akan memproyeksikan kekuatan pendarat Angkatan Laut Italia – di daerah krisis – dan mendukung proyeksi kemampuan nasional pertahanan laut, serta untuk memastikan transportasi strategis kendaraan, personel dan peralatan, serta untuk mendukung Perlindungan Sipil dalam memberikan bantuan kepada negara-negara dan populasi jika terjadi bencana alam, berkat kemampuannya untuk menyediakan air minum, pasokan listrik, perawatan kesehatan dan dukungan medis.

Unit ini juga dirancang untuk menjalankan fungsi komando dan kontrol jika terjadi keadaan darurat di laut, evakuasi warga negara dan operasi bantuan kemanusiaan.

Dengan lebih dari 1.000 unit tempat tidur, LHD baru juga akan menampilkan dek penerbangan helikopter sepanjang 230 meter, yang memungkinkan pengoperasian batalion yang terdiri dari 600 personel, dan garasi dermaga untuk 1.200 meter linier kendaraan roda dan roda rantai, baik sipil maupun militer .

Floodable dock – panjang 50 meter dan lebar 15 meter – akan memungkinkan kapal untuk menyebarkan peralatan amfibi dan kendaraan paling canggih dari Uni Eropa dan NATO.

Area kargo dapat diakses melalui crane, stern dan side ramp, dan cargo handling akan dikelola oleh internal ramp dan elevator.

Rumah sakit yang lengkap juga akan tersedia di dalam LHD, lengkap dengan ruang operasi, ruang radiologi dan analisis, kantor dokter gigi, dan ruang pasien yang mampu menampung 27 pasien yang terluka parah.

Photo: Peluncuran LHD Trieste Angkatan Laut Italia (BMPD)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s