Polandia Akan Borong 32 Jet Tempur Siluman F-35A

Polandia berencana membeli 32 unit jet tempur siluman F-35A untuk menggantikan pesawat era Soviet. Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak pada hari Selasa, di tengah meningkatnya ketegangan dengan negara tetangganya yakni Rusia.

“Hari ini kami mengirim permintaan kutip (LOR) ke mitra Amerika kami tentang pembelian 32 pesawat F-35A bersama dengan paket logistik dan pelatihan,” tweet Blaszczak, sebagaimana dilansir dari laman Kontan (28/ 05).

Pentagon mengatakan, Amerika Serikat akan memperluas penjualan pesawat tempur F-35 ke lima negara termasuk Polandia ketika sekutu Eropa meningkatkan pertahanan mereka dalam menghadapi Rusia yang menguat.

Polandia merupakan salah satu negara anggota NATO yang menghabiskan setidaknya 2% dari PDB untuk belanja pertahanan.

Warsawa sepakat pada 2017 untuk meningkatkan belanja pertahanan secara bertahap dari 2% menjadi 2,5% dari PDB. Itu berarti belanja tahunan Polandia hampir dua kali lipat menjadi sekitar 80 miliar zlotys (US$ 21 miliar) pada tahun 2032.

Penjualan senjata Amerika Serikat ke pemerintah asing naik 13% menjadi US$ 192,3 miliar per 30 September tahun ini. Pemerintah AS pada November lalu mengatakan estimasi harga pesawat tempur F-35A sekitar US$ 85 juta.

Selama pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Selasa, Blaszczak juga mengatakan Polandia membuat kemajuan dalam meyakinkan Amerika Serikat untuk meningkatkan kehadiran militernya di tanah Polandia

Photo: U.S. Air Force F-35A Lightning II aircraft. (U.S. Air Force)

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Polandia Akan Borong 32 Jet Tempur Siluman F-35A”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s