Amerika Serikat Ingin Latihan Militer Bersama Tentara Indonesia

kopassus 13 sniper (oriphotograph)
Kopassus (oriphotograph)

Plt Menteri Pertahanan AS, Patrick Shanahan, bertemu dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di Jakarta, Kamis (30/ 05). Kedua negara mengharapkan adanya peningkatan kerja sama strategis di bidang pertahanan.

Dalam pernyataan bersama yang dirilis usai pertemuan, disebutkan bahwa AS ingin menormalkan hubungan dengan Kopassus dan mengadakan latihan militer yang melibatkan tentara dari kedua negara pada 2020, sebagaimana dilansir dari laman Republika (30/ 05).

“Kedua kementerian menegaskan dukungan untuk ekspansi pasukan kita ke latihan tentara tahun depan, dan dengan menormalkan hubungan pasukan khusus Angkatan Darat dimulai pada 2020 dengan Joint Combined Exercise Training bersama Kopassus,” kata pernyataan bersama tersebut.

AS diketahui sempat membatasi kontak dengan Kopassus. Hal itu dilakukan karena Washington menuding Kopassus terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Timor Timur (Timor Leste) saat mereka sedang bersiap menyongsong kemerdekaannya. Namun pembatasan kontak itu telah dicabut pada 2010.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Amerika Serikat Ingin Latihan Militer Bersama Tentara Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s