Rusia Siap Produksi Massal Jet Tempur Su-57

Komsomolsk-on-Amur Aircraft Plant Rusia sedang bersiap-siap untuk produksi massal pesawat tempur generasi kelima Su-57. Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pertahanan Alexey Krivoruchko saat berkunjung ke pabrik tersebut pada hari Rabu.

“Kami akan mendapatkan jet tempur pertama (model ini) pada akhir tahun ini. Kami sudah berbicara tentang produksi massal. Kami telah menilai kesiapan jet hari ini, serta kesiapan pabrik untuk produksi massal Su-57. Kami sepenuhnya puas dengan apa yang kami lihat dan berharap semua rencana akan terpenuhi,” kata Krivoruchko, sebagaimana dilansir dari laman Sindonews (30/05/2019).

Jet tempur yang diklaim paling canggih di Rusia ini akan didemonstrasikan pada acara kedirgantaraan MAKS-2019 di kota Zhukovsky, luar Moskow. Produsen senjata negara, Rosoboronexport, telah mengonfirmasi rencana itu.

“Delegasi dari Angkatan Udara dan semua tamu dari pertunjukan kedirgantaraan internasional MAKS di kota Zhukovsky dekat Moskow akan dapat melihat jet tempur generasi kelima Su-57 terbaru dari 27 Agustus hingga 1 September,” bunyi pernyataan Rosoboronexport.

Jet tempur Su-57 dirancang untuk menghancurkan semua jenis target udara pada jarak yang jauh dan pendek serta target darat dan laut musuh. Selain itu juga diandalkan sebagai pertahanan udara.

Su-57 terbang pertama kali pada 29 Januari 2010.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Su-57 yang dibuat dengan bahan komposit tersebut menggabungkan fungsi pesawat penyerang dan jet tempur.

Persenjataannya mencakup rudal hipersonik. Jet tempur generasi kelima Rusia ini telah berhasil diuji coba dalam kondisi tempur di Suriah.

Photo: Su-57 (Twitter)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s