PT DRU Kembali Luncurkan Kapal Angkut Tank (AT-6) Pesanan Kementerian Pertahanan RI

PT. Daya Radar Utama (PT DRU) kembali meluncurkan Kapal Angkut Tank (AT-6) pesanan Kementerian Pertahanan RI untuk TNI AL di galangan kapal PT DRU pada tanggal 1 Juni 2019.

Launching ditandai dengan penekanan tombol sirine, selanjutnya Kapal AT-6 turun menggunakan airbag balloons.

Kapal angkut tank ini merupakan kapal jenis angkut tank keempat yang telah dibangun oleh PT. DRU, sebelumnya telah diluncurkan Kapal Angkut Tank AT-3 KRI Teluk Bintuni-520, AT-4 KRI Teluk Lada-521 dan AT-5 KRI Teluk Youtefa-522.

Dalam proses pembangunan kapal, dilaksanakan rangkaian seremonial  pembangunan kapal perang meliputi first steel cutting, keel laying, shipnaming – launching, commissioning, delivery and receiving dan terakhir adalah pengukuhan nama KRI.

Saat ini kapal AT-6 telah sampai pada tahap launching, selanjutnya kapal AT-6 ini akan melaksanakan shipnaming.

Peluncuran Kapal Angkut Tank AT-6 KRI Teluk Palu-523 oleh PT DRU tanggal 1 Juni 2019. (IMF) 1

Kapal AT-6 ini adalah hasil dari sinergi antara PT. DRU dengan industri nasional di antaranya PT. Krakatau Steel, PT. Pindad, PT. LEN, PT. BNI dan industri pendukung lainnya dan juga oleh Biro klasifikasi, Lloyd Register of Shipping sebagai pengawas pembangunan kapal ini.

Secara teknis launching ini ditujukan untuk mengetahui stabilitas kapal dan ke kedapan badan kapal terhadap kemungkinan risiko kebocoran, selanjutnya dalam proses finishing pada pembangunan kapal tersebut dinyatakan bahwa kapal telah siap untuk melaksanakan misi peperangan amfibi yang disertai dengan embarkasi debarkasi pasukan menggunakan kendaraan tempur amfibi.

Setelah seluruh lingkup pekerjaan terkait dengan pembangunan kapal ini selesai, maka nantinya akan dilaksanakan delivery ditandai dengan peresmian kapal menjadi Kapal Perang Republik Indonesia dan Pengukuhan Komandan KRI.

Kapal Angkut Tank (AT-6) sendiri memiliki panjang keseluruhan 120 m, dengan panjang garis air 111, 89 mm dan lebar 18 m serta tinggi 7,8 m.

Kapal memiliki kecepatan maksimum 16 knot dengan kecepatan jelajah 15 knot dan kecepatan ekonomis (patroli) 14 knot.

Selain itu, kapal juga mampu mengangkut 10 unit Leopard/ 14 unit BMP-3F dan 1 unit Helicopter serta dapat mengangkut sebanyak 478 Personel.

Rencananya, Shipnaming kapal AT-5, AT-6 dan AT-7 akan dilakukan secara bersamaan. Kapal AT-5 akan diberi nama Teluk Youtefa-522, AT-6 akan diberi nama Teluk Palu-523 dan AT-7 akan diberi nama Teluk Calang-524.

All photos: Peluncuran Kapal Angkut Tank AT-6 KRI Teluk Palu-523 oleh PT DRU tanggal 1 Juni 2019. (IMF)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s