Amerika Serikat dan NATO Gelar Latihan Perang di Laut Baltik

BALTOPS 2019 (DVIDS)
BALTOPS 2019 (DVIDS)

Kurang lebih 8.000 personel militer gabungan Amerika Serikat dan Eropa memulai latihan tahunan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Laut Baltik, pada hari Minggu, 9 Juni 2019. Latihan ini diberi nama BALTOPS 2019.

Dilansir dari laman Medcom (11/06/2019), BALTOPS ke-47 ini melibatkan pasukan laut, udara dan darat, yang juga meliputi 50 kapal serta 40 pesawat. Latihan dijadwalkan berlangsung hingga 21 Juni mendatang.

BALTOPS 2019 meliputi operasi pencarian dan penghancuran ranjau laut serta kapal selam. Terdapat pula latihan sistem pertahanan udara dan pendaratan pasukan darat di wilayah pesisir.

Negara peserta BALTOPS 2019 meliputi AS, Inggris, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Latvia, Lithuania, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Spanyol, Swedia dan Turki.

Rusia pernah ikut serta dalam BALTOPS 2019, tapi tidak pernah lagi diundang sejak secara ilegal mencaplok Krimea pada 2014.

BALTOPS tahun ini dikomandoi Armada Kedua Angkatan Laut Amerika Serikat. Armada tersebut dibentuk kembali tahun lalu sebagai respons terhadap meningkatnya aktivitas angkatan laut Rusia di Atlantik.

Wakil Laksamana Andrew Lewis akan memimpin BALTOPS 2019 dari atas kapal USS Mounty Whitney. BALTOPS tahun ini juga merupakan kesempatan besar pertama bagi Joint Expeditionary Force, sebuah pasukan yang 3.000 personelnya diambil dari beberapa negara serta mitra NATO.

Menjelang sesi akhir latihan, nantinya sebagian besar kapal akan berlayar ke Kiel untuk berpartisipasi dalam parade angkatan laut Kielerwochen.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s