Koarmada II Gelar Latihan Peranjauan

Latihan Pengoperasian Ranjau TNI AL oleh prajurit Satran Koarmada II, yang diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 26 Maret 2019.
Photo Ilustrasi: Latihan Pengoperasian Ranjau TNI AL oleh prajurit Satran Koarmada II, yang diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 26 Maret 2019. (TNI AL)

Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansatran) Koarmada II, Kolonel Laut (P) Bambang Kuncoro, S.T. M.Si., mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si. secara resmi membuka  Latihan Peranjauan, bertempat di Ruang Rapat Satran Koarmada II. Jum’at (21/06/2019).

Dilansir dari laman web TNI AL (21/ 06/ 20019), tujuan latihan ini adalah meningkatkan kemampuan tempur unsur ranjau, melaksanakan uji doktrin, pengembangan taktik dan strategi guna mewujudkan interoperabilitas antar satuan yang tergabung dalam UT Ranjau sekaligus melaksanakan uji ranjau Smartmine TNI AL.

Meningkatnya kemampuan tempur unsur ranjau menurut Pangkoarmada II merupakan hal penting, sebab terkait dengan munculnya ancaman yang berdimensi militer, maka TNI AL dalam hal ini Koarmada II harus memiliki kesiapsiagaan dalam pelaksanaan tugas pokok.

Selain itu dengan mempertimbangkan kondisi geografis sebagai negara kepulauan sangatlah mungkin mengembangkan operasi tempur laut dengan penerapan taktik dan strategi khususnya dalam Operasi Peranjauan.

Lebih lanjut Pangkoarmada II menyampaikan jika Operasi Peranjauan (Mining) yang dilaksanakan dengan mempertimbangkan pengembangan senjata ranjau dunia saat ini, akan mampu menimbulkan deterent effect yang menitik beratkan pada kekuatan kecil, efektif dan efesien sebagai alternatif dalam pengendalian laut.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s